Affandi, Fera Puspita Dewi (2011) Pengaruh intensitas pemakaian Facebook terhadap perkembangan sosial remaja di SMP Taruna Dra. Zulaeha. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Media social network yang sedang digandrungi oleh remaja saat ini adalah facebook. Facebook adalah jejaring social yang dapat diakses dengan mudah oleh remaja, sehingga tak heran jika banyak remaja saat ini memiliki akun facebook. Hal inilah yang menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian terkait dengan pengaruh facebook terhadap perkembangan sosial remaja di SMP Taruna Dra. Zulaeha. Pemahaman tentang facebook, pengaplikasian fitur yang ada, serta adanya frekuensi dalam waktu sehari merupakan unsure-unsur yang digunakan dalam pengukuran intensitas pemakaian facebook. Sedangkan pengukuran dalam tingkat perkembangan social remaja, adalah menggunakanan aspek pemahaman diri sendiri, adanya kenyamanan dan tidak bergantung, adanya pembentukan relasi, reaksi akibat kontak fisik dengan lawan jenis, serta kemampuan menjadi anggota masyarakat. Pencapaian tujuan penelitian ini adalah mencari kebenaran tentang ada tidaknya pengaruh dari intensitas pemakaian facebook terhadap perkembangan sosial remaja.
Subyek penelitian dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Taruna Dra. Zulaeha. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Kemudian setelah data didapat, maka akan diseleksi dengan mementingkan pada siswa yang memiliki facebook. Lalu dilakukanlah uji validitas dan reliabilitas serta menganalisanya dengan korelasi Pearson dan regresi sederhana. Kemudian dari hasil analisa diketahui sebanyak sembilan aitem valid untuk kuisioner intensitas pemakaian facebook, sedangkan aitem yang tidak valid sebanyak satu aitem. Sedangkan pada kuisioner perkembangan social remaja, terdapat 35 aitem dengan aitem valid sebanyak 21 aitem dan aitem tidak valid sebanyak 14 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,876.
Pengkategorisasian pada intensitas pemakaian facebook memiliki hasil bahwa sebesar 85,71 % memiliki intensitas sedang dan 14,28 % memiliki intensitas tinggi, dan tidak ada seorang siswa pun yang memiliki intensitas rendah. Dan untuk tingkat perkembangan social remaja, diketahui 12 siswa (15,58%) berada pada kategori tinggi, 61 siswa (79,22 %) berada pada taraf sedang, dan 4 siswa (5,19 %) berada pada taraf rendah.
Berdasarkan korelasi Pearson, dapat diketahui bahwa korelasi antara kedua variabel sebesar 7,6 % sehingga termasuk dalam kategori sangat rendah. Begitu juga hasil dari uji regresi sederhana bahwa R = 0,076 dan Fhitung sebesar 0,431. Karena probabilitas yang menunjukkan 0,431 lebih besar dari taraf signifikansi 5%. Hal ini menandakan bahwa pengaruhnya hanya dalam taraf kecil saja.
ABSTRACT
Social media network that is loved by teenagers today is facebook. Facebook is a social network that can be easily accessed by teenagers, so no wonder so many teenagers now have a facebook account. This has attracted interest of researchers to conduct research related to the facebook effect on adolescent social development in junior Taruna Dra. Zulaeha. Understanding of the facebook, application of existing features, as well as the frequency within a day are the elements used in the measurement of intensity of use facebook. While measuring the level of social development of adolescents, is menggunakanan aspect of understanding ourselves, the convenience and no reliance, the formation of relationships, reactions due to physical contact with the opposite sex, and the ability to become a member of the community. Achieving the goals of this research is to find the truth about the presence or absence of the influence of intensity of use facebook on adolescent social development.
Research subjects in this study is a class VIII student SMP Taruna Dra. Zulaeha. Measurements conducted using questionnaires. Then after the data obtained, it will be selected with emphasis on students who have facebook. Then perform the test and analyze the validity and reliability with Pearson correlation and simple regression. Then from the results of the analysis is known to many as nine valid questionnaires aitem facebook usage intensity, whereas an invalid aitem as much as one aitem. While the questionnaire adolescent social development, there are 35 aitem with as many as 21 aitem aitem valid and invalid aitem by 14 aitem with reliability of 0.876.
Categorization on the intensity of the use of facebook to have results that have an intensity of 85.71% and 14.28% were having high intensity, and no one any student who has low intensity. And for the level of adolescent social development, known to 12 students (15.58%) is in the high category, 61 students (79.22%) are in moderate, and 4 students (5.19%) is at a low level.
Based on Pearson correlation, it is known that the correlation between two variables of 7.6% that included the very low category. So is the result of simple regression test that R = 0.076 and 0.431 for Fcount. Because the probability is greater than 0.431 indicate significance level of 5%. This indicates that its influence only in small degree.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Habib, Zainal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Intensitas Pemakaian Facebook; Perkembangan Sosial; Remaja; Intensity Of Use Facebook; Social Development; Adolescence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:17 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42124 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |