Peran kepala sekolah dalam implementasi transparansi manajemen sebagai pilar Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang

Cahyono, Amirul Huda Dwi (2008) Peran kepala sekolah dalam implementasi transparansi manajemen sebagai pilar Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (872kB)

Abstract

INDONESIA:

Dalam wacana demokrasi pendidikan, transparansi manajemen sekolah merupakan karakteristik sekolah yang harus diwujudkan. Keterbukaan/ transparansi ini ditunjukkan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan kegiatan, penggunaan uang dan sebagainya, yang selalu melibatkan pihak-pihak terkait sebagai alat kontrol. Transparansi manajemen ini diperlukan karena sekolah adalah organisasi pelayanan publik dalam bidang pendidikan yang diberi mandat oleh masyarakat sehingga transparansi merupakan hak publik.

Adapun rumusan masalah dari judul di atas adalah bagaimana peran kepala sekolah dalam transparansi manajemen, upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan transparansi manajemen, dan hambatan-hambatan yang dialami dalam transparansi manajemen beserta cara mengatasinya di di SMK Widya Dharma Turen. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi transparansi manajemen, upaya-upaya dalam meningkatkan transparansi manajemen, dan hambatan-hambatan yang dialami dalam transparansi manajemen beserta cara mengatasinya.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang keadaan sekolah yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan interview, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan pengorganisasian data, pengelompokan data, pemaparan data, dan perumusan temuan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis bahwasannya peran kepala sekolah dalam implementasi transparansi manajemen yaitu sebagai leader dan manajer dalam perencanaan program, fasilitator dan motivator dalam pelaksanaan program dan sebagai evaluator dalam pengevaluasian program. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan transparansi manajemen yaitu sekolah berkomitmen dalam melayani masyarakat, mengadakan rapat koordinasi secara rutin, dan selalu melibatkan semua unsur dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Sedangkan hambatan yang dialami hanya bersifat teknis, adanya penyimpangan dana yang tidak sesuai dengan perencanaan awal; hambatan nonteknis,seperti kesibukan para anggota sehingga tidak bisa menghadiri rapat, kurangnya anggaran dana rapat, dan sikap tertutup yayasan kepada sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghofir, Abdul
Keywords: Peran; Transparansi manajemen
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:57
Last Modified: 09 Aug 2016 01:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4211

Actions (login required)

View Item View Item