Peningkatan motivasi belajar siswa MA Al-Azhar melalui pelaksanaan manajemen sekolah berbasis kemandirian di Desa Tanggungprigel Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

Muizzuddin, M. (2008) Peningkatan motivasi belajar siswa MA Al-Azhar melalui pelaksanaan manajemen sekolah berbasis kemandirian di Desa Tanggungprigel Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (743kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dewasa ini permasalahan yang dihadapai oleh dunia pendidikan yang sangat mendasar adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan. misalnya, melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, penyediaan dan perbaikan sarana/prasarana pendidikan, serta peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti.

Salah satu faktor yang menghambat kemajuan dunia pendidikan adalah penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan secara tersentral (terpusat), sehingga sekolah sebagai penyelenggara pendidikan sangat tergantung pada keputusan birokrasi, yang kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kondisi sekolah setempat. Dengan demikian sekolah kehilangan kemandirian, motivasi, dan inisiatif untuk mengembangkan dan memajukan lembaganya termasuk peningkatan mutu pendidikan sebagai salah satu tujuan pendidikan nasional. Setelah gagal dalam mengembangkan sekolah otomatis akan berdampak pula dalam motivasi belajar siswa di sekolah sehinga itu akan menjadi semakin fatal. Berangkat dari masalah tersebut penulis ingin melakukan penelitian tentang peningkatan motivasi belajar siswa melalui pelaksanaan manajemen sekolah berbasis kemandirian di MA Al-Azhar tanggungprigel kecamatan Glagah kabupaten lamongan.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) untuk mengetahui beberapa faktor yang menghambat dalam pelaksanaanya, dan 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen sekolah berbasis kemandirian di MA Al-Azhar berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan yang benar, hal ini dapat diketahui dengan mengembangkan bagian-bagian terpenting dalam manajemen madrasah yang meliputi: manajemen kurikulum, guru, kesiswaan, sarana-prasarana, dan sumberdaya anggaran. Bagian-bagian manajemen tersebut, MA Al-Azhar lebih menekankan pada peningkatan manajemen sumberdaya anggaran, karena dengan manajemen tersebut maka, manajemen madrasah secara keseluruhan akan terlaksana dengan baik. Serta diterapkannya system kontrol, pola komunikasi, kedisiplinan, dan relegiusitas, sehingga akan berimplikasi terhadap proses belajar mengajar di MA Al-Azhar yang sekaligus dapat memberikan motivasi terhadap belajar siswa. Dalam pelaksanaan manajemen di MA Alazhar terdapat beberapa hambatan signifikan, diantaranya adalah minimnya mutu SDM serta dana oprasional sekolah. Adapun usaha untuk meningkatkan mutu SDM adalah dengan memberikan pelatihan baik di dalam maupun di luar madrasah terhadap tenaga pengajar. Selain itu MA Al-Azhar mengusahakan pencarian dana dari luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maimunah, Siti Annijat
Keywords: Motivasi Belajar; Manajemen Sekolah Berbasis Kemandirian
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:06
Last Modified: 09 Aug 2016 02:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item