Sholehah, Riadlotush (2011) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa MTS Negeri Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Baca Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipelajari oleh setiap orang Islam karena merupakan salah satu cara memahami Al-Qur’an dengan baik, dan ada kaitannya dengan ibadah ritual seperti sholat, haji, dan do’a. Dalam belajar membaca Al-Qur’an tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus melalui tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pengajaran baca Al-Qur’an juga diperlukan suatu strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka membelajaran baca Al-Qur’an siswa mampu berjalan dengan baik dan benar.
Berpijak pada permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ”strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an, peneliti mengambil obyeknya di MTs negeri kepanjen. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an pada siswa MTs Negeri kepanjen? (2) hasil yang diperoleh strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al- Qur’an ? (3) kelebihan dan kekurangan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus. Lokasi penelitian di MTS Negeri Kepanjen.Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI dan sebagian siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, (2) observasi non partisipasi, dan (3) studi dokumentasi. Anilis data melalui 3 proses, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi sumber dan teori.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an pelaksanaanya dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. Pelaksanaan dengan menggunakan metode iqro’, metode pemberian tugas dan metode pembiasaan.. (2) Hasil penelitian menunjukkan aplikasi dari metode-metode terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an menunjukkan hasil yang baik. Bukti- bukti secara kuantitatif adalah bahwa berdasarkan hasil test pada kenaikan prestasi menunjukkan bahwa hasil dari pre test yang telah dilakukan yaitu nilai rata-rata pre test62,1 dan test I nilai rata-rata meningkat menjadi 71,34 atau meningkat menjadi 14,87%. Dalam test I siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 6 siswa. Pada test II nilai rata-ratanya yaitu 73,65 atau meningkat 18,59%. Dalam test II siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu minimal 70 sebanyak 3 siswa. Sedangkan pada test III nilai rata- rata kelas yaitu 81,1 atau meningkat 30,59 pada test III ini siswa sudah mencapai
ketuntasan minimal semua.(3) kelebihannya antara lain : adanya guru, adanya alokasi waktu, adanya motivasi dari orang tua sedangkan kekurangan antara adanya lain: kurangnya kesadaran siswa, kurangnya sarana dan prasarana. Dan bukti-bukti secara kualitatif siswa menunjukkan senang dan antusias ketika mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode-metode yang bervariasi dengan kesabaran dan ketelatenan guru PAI.
Abstract
Read Al-Qur'An represent one of [the] obligation which must be executed or studied by each and everyone islam because representing one of [the] way of comprehending Al-Qur'An better, and there [is] its bearing with religious service of ritual like sholat, haji, and do'a. In learning to read Al-Qur'An it is of course indirectly can, however have to [pass/through] steps. Hence from that, in instruction read Al-Qur'An [is] also needed [by] a[n correct strategy because with existence of strategy hence membelajaran read Al-Qur'An student can walk better and correctness.
Tread on [at] problems above, hence writer interest to perform [a] research " strategy learn PAI in improving ability read Al-Qur'An, researcher take its[his] [him/it] [in] MTS country of kepanjen. As for problems the lifted [is]: ( 1) used [by] Strategy [is] teacher of PAI in improving ability read Al-Qur'An [at] student of MTS Country of kepanjen? ( 2) result of which [is] obtained [by] strategy learn PAI in improving ability read Al-Qur'An ? ( 3) strategy insuffiency and excess learn PAI in improving ability read Al-Qur'An?
This research use approach of research qualitative with type of study case. Research location [in] MTS Country of Kepanjen.Informan in this research [is] teacher of PAI and some of data collecting siswa.Teknik use ( 1) structure interview and [do] not structure, ( 2) observation of[is non participation, and ( 3) documentation study. Data Anilis [pass/through] 3 process, that is: ( 1) data discount, ( 2) presentation of data, and ( 3) withdrawal of verification and conclusion. Checking of authenticity of data [pass/through] assidinity or keajegan of triangulation and perception of[is source of and theory.
this Research finding indicate that; ( 1) Strategy learn PAI in improving ability read its Al-Qur'An [is] it[him] executed as according to planned time allocation. Execution by using method of iqro', method [gift/ giving] of inuring method and duty.. ( 2) Result of research show application of effective proven methods to increase ability read Al-Qur'An show result of good. Evidence quantitatively [is] that pursuant to result of test [at] increase of achievement indicate that result of from pre test which have been [done/conducted] [by] that is average value of pre test and test62,1 of I average value mount to become 71,34 or mount to become 14,87%. In test of I student which not yet reached complete criterion minimize counted 6 student. [At] test of II its average value that is 73,65 or mount 18,59%. In test of II student which not yet reached complete criterion minimize that is minimizing 70 counted 3 student. While [at] test of III class average value that is 81,1 or mount 30,59 [at] test of III this [of] student have reached complete minimize semua.(3) its excess for example : teacher, time allocation, motivate from old fellow while becoming lacking of for example: awareness of student, facilities and basic facilities. And evidence qualitative student show to like and enthusiastic when following study by using methods which vary with patience and ketelatenan of teacher of PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Baca Al-Qur’an; Teacher Education Of Islamic Religion; Read Al-Qur'An | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2022 10:56 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 10:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42072 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |