Pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Darul Muwahhidin Payungrejo Kutorejo Mojokerto

Dawud, Muh. (2008) Pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Darul Muwahhidin Payungrejo Kutorejo Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (683kB)

Abstract

INDONESIA:

Guru adalah satu-satunya komponen manusia dalam proses kegiatan belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan peserta didik menjadi manusia yang seutuhnya. Oleh karena itu, guru sebagai salah satu unsur di bidang pendidikan harus mempersiapkannya dengan baik dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga yang profesional. Mengingat peran guru yang begitu besar yaitu untuk mencetak orang-orang yang benar-benar berkualitas, maka hendaknya guru yang dipersiapkan juga harus mempunyai kualitas tinggi serta memiliki kesadaran dalam menunaikan tugasnya sehingga hasilnya diharapkan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Akan tetapi sampai saat ini masalah guru dalam dunia pendidikan menjadi topik yang aktual sehingga problem pendidikan yang membutuhkan penanganan karena semakin bertambahnya penduduk dan cepat lajunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membuat sulitnya mengatasi masalah-masalah tersebut.

Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Darul Muwahhidin Payungrejo, bagaiamana kendala dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Darul Muwahhidin Payungrejo, bagaima upaya mengatasi kendala dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Darul Muwahhidin Payungrejo.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan interview. Kemudian data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan tekinik analisis deskriptif reflektif.

Dari hasil pemabahasan dan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut, Pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah guru harus memikili ijazah keguruan (S1), guru memiliki pengalaman mengajar lebih dari lima tahun, guru membuat rencana pembelajaran dalam setiap kali akan mengajar, guru menggunakan metode yang bervariasi disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan disesuaikan dengan kondisi, mengikuti penataran maupun loka karya baik yang diadakan oleh sekolah maupun luar. Kendala dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) antara lain: kurangnya kesadaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk melanjutkan pendidikannya lagi (terutama bagi guru yang masih lulusan Madrasah Aliyah). Hal ini disebabkan kesulitan dalam membagi waktu dengan keluarga, mengajar, kuliah dan utamanya biaya untuk melanjutkan pendidikan S1, kurangnya waktu persiapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajar karena sibuk dengan usaha non guru, kurang memperhatikan kualitas kerjanya dalam kegiatan belajar mengajar dan hanya sekedar melaksanakan kewajibannya sebagai guru, kurangnya fasilitas atau media untuk kegiatan mengajar, keterbatasan dana untuk mengadakan pelatihan-pelatihan atau pengadaan literatur-literatur sebagai buku bacaan bagi guru. Upaya mengatasi kendala dalam pengembangan profesionalisme guru PAI yang dilakukan oleh Kepala Sekolah yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam adalah mengajak dan memotivasi bagi guru yang belum S1 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya, pengadaan buku-buku yang berkaitan dengan profesi guru, mengadakan loka karya maupun penataran dan mengikutsertakan guru dalam setiap kali ada kegiatan tersebut. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) itu sendiri antara lain : melanjutkan jenjang pendidikan, mengikuti penataran-penataran, memperbanyak membaca buku, memperbaiki metode belajar, Mengikuti pelatihan-pelatihan seperti seminar dan penataran.

Saran yang ditawarkan peneliti dalam skripsi ini adalah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai tenaga pendidik, hendaknya guru selalu berusaha untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan belajar dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalitasnya. Dan untuk itu hendaknya lembaga dapat lebih meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik agar tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Keywords: Profesionalisme; Guru; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:07
Last Modified: 09 Aug 2016 02:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4206

Actions (login required)

View Item View Item