Yuliandi, Rofik (2010) Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan, mengusai dan mengontrol emosinya, serta mampu dalam menghadapi situasi- situasi tertentu dengan memberi respon yang positif. siswa yang mempunyai kecerdasan emosi juga menunjukkan karakteristik sebagai individu yang mampu dalam hal mengidentifikasi emosi diri sendiri, mengelola dan mengendalikan emosi diri sendiri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan baik dengan orang. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktifitas belajar. siswa yang mempunyai prestasi belajar juga menunjukkan karakteristik sebagai individu yang mampu memperoleh hasil yang diperoleh dari prestasi belajar berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktifitas belajar.
Penelitian ini dilakukan di Kelas XI SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo Jawa Timur, dengan tujuan (1) Mengetahui tingkat kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo Jawa Timur, (2) Mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas XI SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo Jawa Timur, dan (3) untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 48 responden yang dipilih dengan menggunakan purposive cluster random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala dan dilengkapi dengan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi, dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows.
Hasil dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa mayoritas kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA Ibrahimy sedang dengan prosentase 68.75 %. sedangkan tingkat prestasi belajar siswa kelas XI SMA Ibrahimy juga mayoritas sedang dengan prosentase 72.92 %. Diketahui pula bahwa tidak terbukti adanya hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Ibrahimy. Hal ini dapat dilihat dari nilai rxy = -007; sig = 0,965 > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar, sehingga hipotesis ditolak.
ABSTRACT
Emotional intelligence is the ability of someone in controling, taking a grip on, also facing a certain situation by giving positive respons. The students who have emotional intelligence also show the characteristic as individu that be able to identify their own emotions, manage and control emotion, motivate their selves, recognize anothers’ emotion, and build a good relationship with others. Achievement of the learning process is a result which is gotten as good impression that cause a changing in the students’ selves as the result of the learning process. The students who have achievement also show the characteristic as a person who can get the good result from the learning process, it can be impressions that cause several internal changings.
This research is done in the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java, aims (1) Knowing emotional intelligence level of the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java, (2) Knowing achievement of learning process of the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java, and (3) Proving whether there is a relationship between the emotional intelligence and the learning process achievement of the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java.
This research used quantitative method. The subject of this research are 48 respondens who are chose by purposive cluster random sampling. In collecting data, researcher used poll method, that is scale and document. Data analysis used correlation analysis technique and SPSS 16.0 version for Windows.
The result of this research is majority of the emotional intelligence of the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java reach 68.75% in the middle level. The learning process achievement level of the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java also majority reach 72.92% in the middle level. There is no evidence indicating the relationship between the emotional intelligence and learning process achievement of the XI Grade Students of Ibrahimy High School in Sukorejo Situbondo East Java. It can be seen from rxy = -007; sig = 0,965 > 0,05. This result shows that there is no significants relationship between the emotional intelligence and learning process achievement of the XI Grade Students of Ibrahimy High School that the hypothesis is rejected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Soleh, A. Khudori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar; Emotional Intelligence; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 14:47 | ||||||
Last Modified: | 02 Dec 2022 14:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42059 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |