LAILI, RIZKIYATUL (2011) Kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tumpang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Strategi pembelajaran PAI yang digunakan oleh kebanyakan guru PAI saat ini sangat monoton dan membosankan, tidak sedikit siswa melakukan berbagai cara dan alasan agar tidak mengikuti pelajaran tersebut, terutama pada sekolah-sekolah umum seperti contoh di SMA Negeri 1 Tumpang. Meskipun tidak sedikit dari siswa di sana yang tinggal di pesantren, namun pengaruh teman yang lain sangat mempengaruhi aktivitas maupun kegiatan dan hal-hal yang buruk. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas guru dalam penyampaian pembelajaran PAI agar tidak terkesan membosankan dan monoton. Di samping itu, kualitas pembelajaran juga dibutuhkan agar tercipta siswa yang mempunyai akhlak mulia, kecerdasan spiritual dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti mencoba untuk meneliti kreativitas guru serta kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Tumpang, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Tumpang?, 2. Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Tumpang?.3. Bagaimana kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Tumpang?. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui kreativitas guru PAI di SMA Negeri 1 Tumpang dan untuk mengetahui kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Tumpang.
Penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, sedang untuk analisanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan, selain itu untuk mendukung penelitian ini diambilkan data-data dokumentasi di Sekolah yang bersangkutan, serta pengamatan yang dilakukan
langsung dilapangan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Tumpang sudah dilakukan secara baik, hal ini dibuktikan dengan adanya persiapan guru sebelum proses belajar berlangsung sudah mempersiapkan beberapa perangkat pembelajaran secara lengkap. Disamping itu, guru agama yang ada di SMA Negeri 1 Tumpang dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam sudah mengembangkan kreativitas, hal ini dibuktikan dengan cara mengajar guru agama kepada peserta didik yakni dengan menerapkan beberapa macam metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan dibahas dan dengan kreativitas tersebut tujuan diadakannya pendidikan agama Islam dapat terlaksana dengan baik. Sedangkan kualitas pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Tumpang sudah cukup memenuhi standar kualitas pendidikan, hal ini dibuktikan dengan cara mengajar guru agama yang kreatif sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang memiliki prestasi dan tidak sedikit siswa terbiasa untuk menerapkan nilai-nilai ajaran agama, baik di lingkungan sekolah, keluarga
maupun masyarakat..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas guru; Kualitas pembelajaran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 14:50 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 14:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42022 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |