Rofiah, Isna Lutfiatur (2011) Pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Tarbiyah Ulil Albab Pehkulon Papar Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah diniyah sebagai lembaga pendidikan pada jalur non formal yang berkomitmen sebagai lembaga pendidikan tafaqquh fiddin tidak diragukan lagi dapat memberikan peran yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan agama, baik untuk menambah pendidikan agama yang diperoleh dari sekolah maupun untuk memperdalam, penghayatan dan pengamalan ajaran Islam bagi siswa. Dengan indikator, selalu memiliki kemantapan akidah dan kedalam spiritual, keagungan akhlaq dan moral, keluasan ilmu pengetahuan sehingga siap berkompetisi dalam era global dengan kesiapan hidup pada masa sekarang dan masa mendatang.
Penelitian ini secara khusus untuk mengetahui pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama di Madrasah Diniyah “Tarbiyah Ulil Albab Pehkulon Papar Kediri dengan focus pembahasan pengembangan kurikulum madrasah diniyah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama dalam menghadapi perubahan zaman yang serba modern dan kompetitif yang diarahkan pada tiga arah yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotorik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kurikulum madrasah diniyah yang meliputi arah, tujuan, dan strategi. Penghambat, pendudkung serta upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang diajukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran untuk menemukan prinsip-prinsip serta penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer. Sumber data subyek darimana data-data yang didapat diperoleh. Pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil dari penelitian ini adalah Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Tarbiyah Ulil Albab Pehkulon Papar Kediri melalui pengembangan kurikulum madrasah diniyah dalam beberapa sector yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan kurikulum serta fleksibilitas kebutuhan santri dan masyarakat. Indikatornya, pengembangan kurikulumnya yaitu mata
pelajaran dan alokasi waktu dalam pembelajarannya. Masalah yang dihadapi yaitu kurangnya kedisiplinan santri, adanya sebagian orang tua yang tidak mendukung usaha madrasah, kurangnya buku acuan baik bagi santri maupun bagi guru, psikologi anak yang berbeda-beda dan kurikulum hanya dijadikan panduan saja. Adanya kebersamaan, evaluasi, dan semangat santri adalah faktor pendukungnya. Upaya yang dilakukan adalah mengadakan hubungan kerjasama dengan madrasah diniyah lain untuk tukar pendapat tentang apa dan bagaimana meningkatkan mutu pendidikan, mengadakan pertemuan dengan wali santri dan mengadakan ekstrakulikuler sebagai wahana penampung bakat.
ABSTRACT
Diniyah madrasah as an institution on the path of non-formal education which is committed as an educational institution tafaqquh fiddin no doubt can give an important role in improving the quality of religious education, both to increase the religious education provided by schools as well as to deepen, appreciation and practice of Islamic teachings for students. With the indicators, always have faith and stability into the spiritual, moral, and moral grandeur, breadth of knowledge so it's ready to compete in a global era with a readiness to live in the present and future.
This study specifically to determine the Madrasah curriculum development Diniyah In Improving Quality of Religious Education at the Madrasah Diniyah "Islamic Education of Ulil Albab Pehkulon Kediri with discussion focusing in madrasah Diniyah curriculum development in improving the quality of religious education in the face of the changing times of modern-paced and competitive that is directed at three direction IQ, cognitive, affective, and psychomotor. The problem in this research is how madrasah Diniyah curriculum development that includes the direction, goals, and strategies. Inhibitors, support and effort in improving the quality of Islamic education.
As this study used descriptive qualitative approach is a proposed research to describe and analyze the phenomena, events, social activities, attitudes, beliefs, perception, thinking to discover the principles and explanations that led to the conclusion. The presence of the researcher acting as observer. Source of data subjects from which the data obtained obtained. Collecting data through observation, interviews, and documentation. Technical data analysis by reducing
the data, display data and draw conclusions. Then check the validity of the data using an extension of the participation, persistence observation, triangulation. The research stages of the preparation phase, implementation phase, and the stage of completion.
The results of this research is Madrasah Diniyah Curriculum Development Tarbiyah Ulil Albab Pehkulon Papar Kediri through madrasah Diniyah curriculum development in several sectors is including planning, implementation, evaluation and curriculum development, and flexibility needs of students and society. The indicators, namely the development of curriculum subjects and the allocation of time in learning. Problems faced: the lack of discipline students, the majority of parents do madrassa business support, lack of good reference books for students
and for teachers, child psychology and curriculum varies only used as a guide only. The existence of togetherness, evaluation, and the spirit of supporting
students is a factor. Efforts are made is entered into partnerships with other madrasas Diniyah to exchange views on what and how to improve the quality of education, held a meeting with students and entered into extracurricular guardian as a vehicle for the reservoir of talent.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Madrasah Diniyah; Kurikulum; Pengembangan; Madrasah Diniyah; Curriculum; Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 14:14 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42017 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |