Jannah, Sinta Nur (2011) Implementasi strategi active learning dalam mengembangkan spiritual quotient siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi manusia, menumbuh suburkan hubungan setiap pribadi dengan Allah, manusia, dan alam semesta agar dapat menghasilkan sumber daya manusia dengan kualiatas SQ yang tinggi. Meskipun pada dasarnya anak sudah mempunyai SQ yang dibawa sejak lahir. Namun, untuk mengembangkan kecerdasan tersebut pendidikan agama mempunyai peran yang sangat penting. SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi merupakan salah satu instansi pendidikan yang berusaha mengembangkan SQ peserta didiknya dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui proses pembelajaran aktif (active learning).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi SQ siswa di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, untuk mendeskripsikan penerapan strategi active learning pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 7
Gondanglegi, untuk mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan SQ siswa setelah diterapkan strategi active learning di SMK Muhammadiyah 7
Gondanglegi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan data yang telah terkumpul penulis analisis dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif metode interaktif, dan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan tehnik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi active learning dalam mengembangkan SQ siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sudah baik, karena melalui proses pembelajaran dengan menerapkan strategi active learning pada mata pelajaran PAI, perkembangan SQ siswa lebih meningkat. Terbukti dengan keaktifan dan kreativitas siswa selama proses pembelajaran, diantaranya keberanian dalam bertanya dan mengemukakan pendapat. Serta keaktifan siswa dalam mengikuti seluruh kegiatan sekolah, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Selain itu, sikap siswa pada jam istirahat, dimana siswa benar-benar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dan dengan mengacu pada jawaban dari kuesioner yang telah peneliti bagikan menunjukkan bahwa pola prinsip tauhidi yang pada dasarnya sudah melekat pada siswa semakin berkembang.
ABSTRACT
Islamic religious education is education that aims to develop the whole human potential, foster suburkan every personal relationship with God, man, and the universe to produce human resources with high kualiatas SQ. Although essentially a child already has a SQ inborn. However, to develop the intelligence of religious education has a crucial role. SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi is one of the educational institutions seeking to develop SQ learners to improve the quality of education through active learning process (active learning).
The purpose of this study was to determine the condition of students at SMK Muhammadiyah SQ 7 Gondanglegi, to describe the application of active learning strategies in subjects PAI in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, to describe and analyze the development of student SQ after application of active learning strategies in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
This study used a qualitative descriptive approach, with the kind of case study research. In the course of collecting data, the authors use the method of observation, interviews, questionnaires, and documentation. While the authors collected data analysis using descriptive qualitative techniques of interactive methods, and for checking the validity of the data, researchers use triangulation techniques.
The results showed that the implementation of active learning strategies in developing SQ students on the subjects of Islamic religious education at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi is good, because through the learning process by implementing active learning strategies in subjects PAI, the development of more improved student SQ. Evidenced by the liveliness and creativity of students during the learning process, such as courage in asking questions and express opinions. And liveliness of students in participating in all school activities, both curricular and extracurricular. In addition, the attitudes of the students at recess, where students really take advantage of time with the best. And with reference to the answers of the researchers distributed a questionnaire which showed that the pattern tauhidi principle which basically already inherent in the student growing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Strategi Active Learning; Spiritual Quotient; Implementation; Strategy Active Learning; Spiritual Quotient | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:46 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 13:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42004 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |