A’yuni, Qurotul (2010) Perbedaan tingkat Asertivitas antara Siswa dari Keluarga Lengkap dengan Siswa dari Keluarga Single Parent Di SMK Negeri 1 Pakong Pamekasan Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu tugas perkembangan yang harus dipenuhi pada masa remaja adalah penyesuaian sosial. Seorang remaja akan mampu bersosialisasi dengan baik jika membiasakan diri dengan sikap yang asertif. Asertif adalah kemampuan individu untuk mengekpresikan apa yang ada dalam pikirannya dalam komunikasi yang tepat dan tegas atau ungkapan verbal tanpa menyakiti perasaan orang lain. Perilaku asertif dapat dikembangkan di lingkungan masyarakat dan sekolah. Di sekolah terdapat siswa yang mempunyai keluarga (orang tua) lengkap dan siswa yang mempunyai keluarga (orang tua) single parent.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat asertivitas antara siswa dari keluarga lengkap dengan siswa dari keluarga single parent, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat asertivitas siswa dari keluarga lengkap dan siswa dari keluarga single parent. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X dan kelas XI SMK Negeri 1 Pakong Pamekasan yang berjumlah 252 siswa dari keluarga lengkap dan 27 siswa dari kelurga single parent. Pengambilan sampel menggunakan teknik random pada siswa dari keluarga lengkap sebanyak 25 siswa. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Psikologi.
Setelah dilakukan analisis one saple T-test, diperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 4,206 > 1,676, atau p < α. Maka hasil data yang dilakukan diketahui bahwa ada perbedaan tingkat asertivitas antara siswa dari keluarga lengkap dengan siswa dari keluarga single parent dengan kata lain hipotesis Ho di tolak.
ABSTRACT
One of the development duties on the priode of adolescent is social adaptation. Adolescent can be adaptation when the adolescent habituates with assertive attitude. Assertive is the individual ability to express every thing in their maind with a good communication and explicit or verbal imprestion without hurt other people. Assertive attitude can be developed in the society life and school environment. They are student in the school that have complete parent and student have not complete parent (single parent).
This research aims to know the assertivity level between complete parent student and single parent student and to know whether there is difference of assertivity level on the complete parent student and single parent student. This research uses descripyive comparative plan. The population of this research is student of the state senior high school ( SMK) 1 Pakong Pamekasan on elevent (XI) class and tenth (X) class, which have 252 of the complete parent students and 27 of thesingle parent students. The instrument of data collection is scale.
After being analized by using independent sample T-tes, it is got the score of t (4,206) is bigger than t table (1,676) or p < α. So based on the data analyses which is that there is difference of assertivity level between complete parent student and single parent student, or in other word the Ho hypothesis refused.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | asertivitas; keluarga lengkap; keluarga single parent; asssertivity; complete parent; single parent | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:45 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 13:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41998 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |