Pacivi, Ivan (2011) Pengaruh penggunaan media audio visual dan variasi metode terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMA Islam Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan hasil dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik berupa kognitif, psikomotorik maupun afektif. Prestasi juga akan mempengaruhi langkah selanjutnya dari apa yang akan dilakukan oleh siswa, karena itulah berbagai macam cara dilakukan oleh siswa untuk berusaha semaksimal mungkin demi memperoleh prestasi yang baik. Akan tetapi pada kenyataanya sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, dimana hasil belajar siswa belum tentu dapat dicapai dengan baik. Banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar, salah satunya karena guru. Keberhasilan dan atau kegagalan suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan anak didiknya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.
Salah satu alternatif yang bisa dilakukan dalam mencapai keberhasilan prestasi belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam (Fiqih) yaitu dengan penggunaan media audio visual. Penggunaan media audio visual adalah salah satu dari beberapa komponen yang mendasari akan terwujudnya suatu pembelajaran yang efektif. Maka dengan penggunaan media audio-visual ini dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Mengajar secara efektif juga sangat bergantung pada pemilihan metode dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar. Oleh karena itu kompetensi guru diperlukan dalam pemilihan metode yang tepat dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan secara simultan penggunaan media audio visual dan variasi metode pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Kepanjen Malang, (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan secara parsial penggunaan media audio visual dan variasi metode pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Kepanjen Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui penggunaan media audio visual dan variasi metode. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen, yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan media audio visual dan variasi metode secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan F hitung (1,568 ) > F-tabel (3,55) pada taraf signifkansi 5%, (2) penggunaan audio visual dan variasi metode secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, dengan t-test variabel media audio visual adalah (10,238) > t-tabel (1,734), dan t-hitung variabel variasi metode (0,468) > t-tabel (1,734) pada taraf signifkansi 5%.
ABSTRACT
Learn achievement represent the results of from what have been reached the student by having taken steps of learn activity, which in the form of change of behaviour, include cognitive, psikomotoric, and also affective. Achievement also will influence the next step from what will be done by student, so that the assorted way is done by students as maximum try for obtaining good achievement. However it is often disagree with what expected, where learn achievement of student not yet can reach better. Many factor able to influence attainment of learn achievement, one of them because the teacher. Efficacy and failure an education in an state, one of them is because teacher. Teacher have very important role in growth and progress of their protege. From here, the teacher must be able to run the duty as well as possible so that can reach the target of expected instruction.
One of alternative which can be done in reaching efficacy of student learn achievement at Islamic Education (Fiqih) that is with usage of audio visual media. Usage of audio visual media is one of the some component constitutoing its form will an effective study. Hence with usage of audio-visual media have can effect on learn achievement. Teaching effectively also base on election of method and usage of teach method that compatible with a purpose of teach. Therefore the teacher competence needed in election of correct method and its use is vary with wish to be reached.
The purpose of this research are: (1) To know what is there significant influence simultaneously about usage of audio visual media and variation of method at subject of fiqih in Islamic Senior High School of Kepanjen Malang, (2) To know what is there significant influence partially about usage of audio visual media and variation of method at subject of fiqih in Islamic Senior High School of Kepanjen Malang.
Approach which is used in this research is quantitative approach with research type of corelational, that is research that use number, both at start intake of data and appearance of its result and aim to find there is exist or not of the relation between accurate variable. Instrument which is used in this research is a questionnaire that used to know the usage of audio visual media and variation of method. Also used a document, that is to know learn achievement of student. The analysis which is used in this research is linear regression.
Result of research represent that: (1) usage of audio visual media and
variation of method have an significant influence simultaneously to student learn achievement, with F-test (1,568 ) > F-table (3,55) at level of significance
5%, (2) usage of audio visual media and variation of method have an significant influence partially to student learn achievement, with t-test of audio visual media (10,238) > t-table (1,734), and t-test of variation of method (0,468)> t-table (1,734) at level of significance 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Variasi Metode; Prestasi Belajar; Audio Visual Media; Variation Of Method; Learn Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41996 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |