Huda, Aris Shohibul (2011) Pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas XI MA NU Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04410041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (889kB) |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu aspek psikis yang memiliki pengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar. Motivasi siswa merupakan suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan adanya tujuan, motivasi siswa dalam pendidikan akan mempengaruhi langkah selanjutnya dari apa yang akan dilakukan oleh siswa, karena itulah berbagai macam cara siswa berusaha semaksimal mungkin untuk memotivasi belajar siswa dengan baik. Akan tetapi pada kenyataanya sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, dimana motivasi belajar siswa belum dapat dicapai dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam diri siswa sendiri (faktor internal) seperti Adanya kebutuhan, adanya pengetahuan tentang kemajuan dirinya sendiri, adanya cita-cita atau aspirasi maupun yang datang dari luar diri siswa (faktor eksternal) seperti kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang juga menjadi variabel dalam penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan tingkat kreativitas guru mata pelajaran matematika kelas XI MA NU Nganjuk. (2) menjelaskan tingkat motivasi siswa kelas XI MA NU Nganjuk pada mata pelajaran matematika (3) menjelaskan Apakah ada pengaruh antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI MA NU Nganjuk.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penyajian dari hasilnya dan bertujuan untuk menentukan ada tidaknya hubungan antar variabel ya og diteliti instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adaiah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui kreativitas guru yang dipersepsikan siswa. Instrumen yang juga digunakan adalah dokumen yaitu untuk mengetahui motivasi siswa . analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana.
Hasil regresi linear sederhana menunjukkan besarnya nilai t hitung (16,092)>t tabel (1,992) dan nilai signifikansi (0,000) < a (0,05), maka hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara kreativitas guru terhadap motivasi siswa.
ABSTRACT
Motivation is one aspect of the psyche that has an influence on learning achievement. Student motivation is an energy change in a person who is marked by the emergence of feelings and preceded by the goal, students' motivation in education will affect the next step of what will be done by the students, because that's a variety of ways students make every effort to motivate student learning by good. But in fact often do not correspond with what is expected, where the students' motivation can not be met effectively. This is influenced by several factors, both of which come from within the students themselves (internal factors) such as the existence of needs, the advancement of knowledge about himself, the ideals or aspirations as well as those coming from outside the student (external factors) such as the creativity of teachers in delivering the subject matter is also a variable in this study.
The purpose of this study were (1) describes the level of creativity of teachers of mathematics subjects Nganjuk NU MA class XI. (2) explains the motivation level of students in grade XI NU Nganjuk MA in mathematics (3) explain Is there any influence between the creativity of teachers to motivate student learning in mathematics class XI NU MA Nganjuk.
The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlational research, ie research that is required to use numbers, starting with the data up to the presentation of the results and aims to determine whether there is a relationship between variables so og researched instruments used in this study adaiah questionnaire / questionnaire used to determine the creativity of teachers perceived students. The instrument is a document that is also used to determine students' motivation. analysis used in this study is a simple linear regression analysis.
Simple linear regression results show the value t count (16.092)> t table (1.992) and significance value (0.000) < a (0.05), then this indicates a positive influence between the creativity of teachers to motivate students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kreativitas guru; motivasi siswa; creativity of teachers; students' motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:49 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 13:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41994 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |