Fitri, Nurina Jannatun (2011) Pengaruh persepsi pada iklan produk pemutih kulit terhadap konsep diri remaja putri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya, yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan.Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan perilaku individu.Salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi konsep diri seorang remaja adalah penampilan diri yang berbeda membuat remaja merasa rendah diri meskipun perbedaan yang ada menambah daya tarik fisik.Kebanyakan remaja sangat memperhatikan penampilan dan citra tubuh (body image) nya, terutama remaja perempuan.Hal tersebut disebabkan karena menurut remaja, kecantikan dan daya tarik fisik sangat penting untuk memperoleh dukungan sosial, popularitas, pemilihan teman hidup, dan karier. Oleh karena itu di media televisi banyak bermunculan iklan-iklan yang menawarkan berbagai macam produk kecantikan untuk remaja.
Penelitian ini merupakan penelitian exploratory research atau penelitian penjelasan, yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh variabel-variabel Iklan melalui pengujian hipotesis.Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah responden sebanyak 50 orang remaja putri pelajar SMP hingga SMA yang bertempat tinggal di Jl. Lodan RT: 9 RW: 5 Kelurahan Tunjung Sekar Kota Malang.Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, Skala Persepsi Remaja Puteri Terhadap Iklan Produk Pemutih adalah sebesar 44% menjawab Tidak Setuju, dan 6% menjawab Netral. Hal ini menjelaskan bahwa Remaja Putri yang berdomisili di lokasi penelitian beranggapan bahwasanya iklan produk pemutih tidak terlalu menarik minat responden, sehingga persepsi yang timbul adalah negatif. Sedangkan untuk hasil Skala Konsep Diri Remaja Putri menunjukkan hasil sebesar 48% menjawab Netral, 1% menjawab Setuju, dan 1% data Error. Hal menjelaskan bahwa konsep diri remaja putri yang berdomisili di lokasi penelitian memiliki konsep diri yang cukup baik. Dimana,responden menyadari tentang perubahan fisik yang terjadi selama masa remaja, dan juga responden mampu mengatasi permasalahan yang terjadi.
ABSTRACT
Self concept is the idea of perceiving oneself,understanding about who they really are,through experiences that are gained from the society interactions. The self concept plays the important role in determinating the individual behavior.One of the condition that can influence someone's (in this case,a teenager) self concept is the different physically look that make them condescending about themselves,eventhough in some facts,these differences add their own physically interest. Most teenagers are very concern to their look and body image. This is because the teenagers think that beauty and physically interest are so important to obtain the social support,popularity,the chosen of love pair and working career. Therefore,many advertisings show up on television offering various beauty product for teenagers.
This research is considered as exploratory research that aims to identify the influence of group variables. The data collections are taken from the questioners,interviews and documentations with the total of respondents,50 junior high school teenagers in jl Lodan RW 9 RT 5 Tunjungsekar Malang. While the analysis method uses double regression analysis.
Based on the result of data analysis,the writer finds that the analysis scale of perception the teenagers about the whitening product advertising are 44 % disagree, and 6 % neutral. It’s explains the teenagers that live in research “as location” ressume the whitening product doesn’t not interest them, so the perception is negative. Meanwhile for self concept scale is 48 % neutral, 1 % agree, and 1% error. It’s explain the self concept the teenagers that live in research “as location” have a quite good self concept on which the teenegers realize their fisical change and also they can solve that problem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Iklan; Konsep Diri Remaja; Perception of Advertising; Teenagers' Self Concept | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:49 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 13:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41990 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |