Pengaruh contextual teaching and learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa MTs Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar

Khabib, Nasrul (2008) Pengaruh contextual teaching and learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa MTs Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (910kB)

Abstract

INDONESIA:

Berkaitan dengan pengembangan Imtaq dan akhlak mulia maka yang perlu dikaji lebih lanjut ialah peran pendidikan agama, sebagaimana dirumuskan dalam UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003. Pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan atau menjadi ahli ilmu agama.

Berdasarkan tuntutan dunia pendidikan tersebut, maka terciptalah model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) sebuah konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk membuktikan pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Dan untuk membuktikan pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 580 siswa terdiri dari 3 kelas paralel. Sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih 2 kelas secara acak dari 4 kelas yang ada, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol.

Hasil data diperoleh membuktikan pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar baik. Meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan keterlaksanaan rencana pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian ini dapat membuktikan adanya pengaruh implementasi pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa dan dapat diaplikasikan dalam dunia nyata siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi
Keywords: Contextual Teaching and Learning; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:07
Last Modified: 09 Aug 2016 02:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item