Nisa’, Risqi Nafi’atun (2011) Implementasi Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di sekolah harus mampu meningkatkan kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa agar dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PAI dapat berjalan secara efektif sehingga efektivitas pelaksanaan BTQ oleh lembaga sekolah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami: (1) Pelaksanan pembelajaran BTQ dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Batu, (2) Peran pembelajaran BTQ dalam meningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Batu, (3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran BTQ dalam meningkatkan prestasi belajar Siswa di SMA Negeri 2
Batu beserta solusi yang diambil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Batu. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, para guru PAI dan sebagian siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, (2) Observasi non partisipasi, dan (3) studi dokumentasi. Analisis data meliputi teknik: tahap orientasi, tahap pengumpulan data lapangan dan tahap teknik pengecekan keabsahan data. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi sumber dan teori.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pembelajaran BTQ di SMA Negeri 2 Batu: a). dilaksanakan seminggu sekali pada hari Jum’at pukul 10.00 sampai pukul 11.30, b). Pelaksanaannya dibagi menjadi 3 kelompok, c). Metodenya menggunakan Al-Barqy, Qira’ati, dan Iqra’. (2) Peran Pembelajaran BTQ di SMA Negeri 2 Batu yaitu: a) Untuk membantu siswa agar terlepas dari buta huruf Al-Qur’an, b) Untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami pembelajaran PAI khususnya aspek Al-Qur’an. (3) Faktor pendukung Implementasi Pembelajaran BTQ di SMA Negeri 2 Batu yaitu: a) Adanya dukungan dari kepala sekolah, b) Adanya peran serta guru non PAI. Adapun faktor penghambatnya, meliputi: a). Motivasi dari sebagian siswa kurang. b). Sarana dan Prasarana yang terbatas. Solusi yang di ambil untuk mengetas permasalahan di atas adalah: a) menggunakan metode pembelajaran BTQ yang bervariasi serta menarik agar siswa termotivasi dalam belajar BTQ. b) Menggunakan dan mengembangkan sarana prasarana yang ada di sekolah semaksimal mungkin, c) Tuntas baca tulis Al-Qur’an. Dari penelitian ini diperoleh sebuah kesimpulan bahwa dengan diadakannya Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Implementation Study Read To write Al-Qur'An ( BTQ) in school have to can improve quality read and write Al-Qur'An student in expection of execution of school activity of PAI can walk effectively so that effectiveness execution of BTQ by school institute can improve achievement learn student at subject Education Of Islamic Religion ( PAI ).
Target of this research is to comprehend: ( 1) Pelaksanan study of BTQ in improving achievement learn student [in] SMA Country 2 Stone, ( 2) Role of study of BTQ in achievement meningkatan learn student [at] subject of PAI [in] SMA Country 2 Stone, ( 3) Supplementary factor and resistor of study of BTQ in improving achievement learn Student [in] SMA Country 2 Stone along with taken solution.
This research use approach of research qualitative with type of study case. Research location [in] SMA Country 2 Stone. Informan in this research [is] headmaster, [all] teacher of PAI and some of student. Technique data collecting use ( 1) structure interview and [do] not structure, ( 2) Observation of[is non participation, and ( 3) documentation study. Data analysis cover technique: orientation phase, phase data collecting of technique phase and field checking of authenticity of data. Checking of authenticity of data [pass/through] assidinity or keajegan of triangulation and perception of[is source of and theory.
This Research finding indicate that: ( 1) Execution of Study of BTQ [in] SMA Country 2 Stone: a). executed one week once on Friday at 10.00 at 11.30, b). Its execution [is] divided to become 3 group, c). Its method use Al-Barqy, Qira'Ati, and Iqra'. ( 2) Role of Study of BTQ [in] SMA Country 2 Stone that is: a) To assist student [so that/ to be] is quit of [of] illiteracy of Al-Qur'An, b) To assist student [so that/ to be] easier comprehend study of PAI specially aspect of Al-Qur'An. ( 3) Supplementary Factor Implementation Study of BTQ [in] SMA Country 2 Stone that is: a) the Existence of support of headmaster, b) the Existence of role and also learn the non PAI. As for its resistor factor, covering: a). Motivate from some of student less. b). limited facilities and basic facilities. Solution which [in] taking for the mengetas of problems above [is]: a) use method study of BTQ which vary and also draw student to motivat in learning BTQ. b) Use and develop medium of prasarana exist in maximum school, complete to C) read to write Al-Qur'An. Of this research [is] obtained [by] a conclusion that performed [a] of Reading To write Al-Qur'An ( The BTQ) can improve achievement learn student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Baca Tulis Al-Qur’an; Prestasi belajar siswa; Study; Read To write Al-Qur'An; Achievement learn student | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:53 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 14:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41986 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |