Syarifudin, Novan (2011) Pengaruh pemberian Inspirative Story terhadap peningkatan motivasi berprestasi pada santri Pondok Pesantren Al Arifin Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07410097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Inspirative story dapat didefinisikan sebagai cerita yang mampu memunculkan dorongan kearah kreatif. Dalam teori pembelajaran sosial, yang dikembangkan oleh Albert Bandura dikemukakan bahwa konsep pemodelan (modelling) sebagai suatu proses pembelajaran dengan meniru perilaku orang lain yang dijadikan model, sebuah model dapat disampaikan dalam bentuk film dan gambar. model yang dipilih untuk pembelajaran haruslah yang betul-betul bisa membangkitkan motivasi khususnya motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi diartikan sebagai dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan atau mengerjakan suatu kegiatan atau tugas dengan sebaik-baiknya agar mencapai prestasi yang terpuji. Motivasi berprestasi biasa dikaitkan dengan siswa ataupun santri. Karena santri juga memiliki tugas belajar yang sama siswa pada umumnya. Atas dasar fenomena ini, muncul pertanyaan yang menarik untuk diteliti yaitu: apakah Inspirative story dapat berpengaruh secara efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi pada santri ? Mengingat bahwa santri memiliki tugas belajar ganda yaitu belajar pengetahuan umum dan pengetahuan agama.
Untuk meneliti hal tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre-test- post-test control group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan skala motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan metode statistik, dengan menggunakan analisis wilcoxon signed ranks.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan inspirative story menunjukkan adanya peningkatan motivasi berprestasi pada 5 subjek dari 9 subjek yang terdapat pada kelompok eksperimen (55,6%). Sedangkan pada kelompok kontrol, yang tidak diberikan perlakuan apapun, menunjukkan bahwa terdapat 5 subjek (55,6%) yang mengalami penurunan tingkat motivasi. Hal ini menunjukkan bahwa Inspirative story tidak berpengaruh terhadap peningkatan motivasi berprestasi pada santri, meskipun ada peningkatan namun tidak signifikan. Karena tidak semua subjek dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan motivasi berprestasi.
ABSTRACT
Inspiring story can be defined as stories that could appear an impulse towards the creative. In social learning theory, which is developed by Albert Bandura, argued that the concept of modeling (modeling) as a process of learning by imitating the behavior of others who serve as a model, a model can be delivered in the form of movies and pictures. Model who is chosen for learning should really be motivating, especially achievement motivation. Achievement motivation is defined as an impulse in a person to perform or do an activity or task with the best in order to achieve a commendable achievement. Ordinary achievement motivation was associated with a student or Islamic students. Since Islamic students also have the task similar with students in general. Based on this phenomenon, there is an interesting question to be researched, and the question is “what Inspiring story can influence effectively in increasing achievement motivation for Islamic students?. It is known that Islamic students have double tasks which are to learn general knowledge and religious knowledge.
To investigate it, researcher used a type of quasi-experimental research design with pre-test-post-test control group design. For the instrument of data collection, researcher uses an interview, observation, and the scale of achievement motivation. Then, in analazing data, reseearcher uses statistical methods with Wilcoxon signed ranks analysis.
The results of this study showed that in the experimental group treated inspiring story of achievement motivation showed an increase in 5 subjects from 9 subjects contained in the experimental group (55.6%). Whereas in the control group, which was not given any treatment, indicating that there are 5 subjects (55.6%) that decreased levels of motivation. This suggests that the Inspiring story does not affect the increased achievement motivation in Islamic students, although there is an increased but not significant. it is caused by not all subjects in the experimental group experienced increase in achievement motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Inspirative Story; Motivasi Berprestasi; dan Santri; Inspiring Story; Achievement Motivation; and Students | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41985 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |