Mufidah, Siti Manar (2010) Pengaruh Kreativitas Verbal terhadap Ketrampilan Berbicara pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ketrampilan berbicara merupakan kemampuan mengungkapkan gagasan serta ide yang dalam pikiran disertai ekspresi berbicara dan penyampaian gagasan yang baik. Ketrampilan berbicara sangat erat hubungannya dengan mahasiswa. Karena dalam proses kegiatan belajar mengajar yang terjadi, mahasiswa dituntut untuk berpendapat, menyampaikan pikiran dan gagasan dalam pikirannya. Ketrampilan berbicara sendiri akan tumbuh dan berkembang dengan baik karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kreativitas verbal merupakan salah satu faktor yang mampu menunjang adanya ketrampilan berbicara seseorang selain faktor- faktor lainnya. Fenomena dilapangan yang ada bahwa ada mahasiswa fakultas psikologi yang dikategorikan memiliki tingkat kreativitas verbal yang kurang, namun dia terampil dalam berbicara. Ini merupakan alasan peneliti ingin melakukan penelitian lebih dalam mengenai pengaruh kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara mahasiswa fakultas psikologi UIN Maliki Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativits verbal, tingkat ketrampilan berbicara serta apakah ada pengaruh kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara pada mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hipotesis yang diajukan terdapat dua, yaitu H0 atau hipotesis nol bahwa tidak ada pengaruh kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara. Dan Ha atau hipotesis alternatif yang menunjukkan adanya pengaruh kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara.
Dalam penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif korelasional, Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi 2007, 2008 dan 2009. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random stratified proportional sampling sebesar 20%. Dan diperoleh sampel 25 pada angkatan 2007, 33 pada angkatan 2008 dan 35 pada angkatan 2009. Sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 93 mahasiswa psikologi. Instrumen yang dipakai adalah tes kreativitas verbal dan skala ketrampilan berbicara.
Hasil dari penelitian diperoleh tingkat ketrampilan berbicara mahasiswa psikologi UIN Maliki Malang berada pada kategori sedang (66,6%). Tingkat kreativitas verbal mahasiswa psikologi juga berada pada kategori sedang (64,5%). Hasil analisis regresi sederhana menghasilkan nilai Fhitung > Ftabel (11,580 > 3,96) dengan sig. 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara dan dalam hal ini Ha diterima. Sedangkan dari hasil analisis regresi berganda diperoleh dari keempat aspek kreativitas verbal, maka yang paling besar pengaruhnya adalah aspek flexibility atau keluwesan sebesar 28% sumbangan pengaruhnya terhadap ketrampilan berbicara.
ABSTRACT
Speaking skills is the ability to express ideas and ideas in the mind accompanied by expression of speech and the delivery of good ideas. Speaking skills are closely related with the student. Because in the process of teaching and learning activities occur, students are required to think, express thoughts and ideas in his mind. Speaking skills will grow and develop properly due to be influenced by various factors. Verbal creativity is one factor that could support the existence of a person speaking skills in addition to other factors. Phenomena existing in the field that there is a student of psychology faculty who tends to have less verbal creativity level, but he was skilled in speaking. This is the reason researchers want to do more research on the influence of creativity in the verbal skills to talk to students of psychology faculty Maliki UIN Malang.
The purpose of this study is to determine the level of verbal creativity, the level of speaking skills as well as whether there was an effect of verbal creativity skills to speak on psychology students UIN Malang Maulana Malik Ibrahim. The hypothesis put forward there are two, namely the null hypothesis that H0 or no effect on skill talk verbal creativity. And the Ha or the alternative hypothesis which shows the influence of verbal creativity of speaking skills.
This study uses correlation type of quantitative research. The subjects of this study are students of psychology of class 2007, 2008 and 2009. The sampling technique used is proportional stratified random sampling of 20%. And it is obtained samples of 25 in force 2007, 33 in 2008 and 35 in the armed forces 2009. Bringing the total sample were 93 psychology students. The instrument used is a test of verbal creativity and speaking skills scale.
The Results from research show the speaking skills students of UIN Maliki Malang to express opinions is in the middle category (66.6%). Verbal creativity level of psychology students are also on the middle category (64.5%). Simple regression analysis results of Fvalues > Ftable (11.580 > 3.96) with a sig. 0.001 < 0.05 indicates a significant influence on verbal creativity skills to speak and in this case Ha accepted. While the result of multiple regression analysis was obtained from the four aspects of verbal creativity, then the most influence is the aspect of flexibility of a 28% donation affect to speaking skills.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Verbal; Ketrampilan Berbicara; Verbal Creativity; Speaking Skills | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 11:46 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 11:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41975 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |