Fitriana, Luluk Nur (2011) Pelaksanaan metode Snowballing untuk meninggkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII B Billingual SMPN 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan pendidikan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh mutu pendidikan yang berkualitas. Untuk mencapai itu, pembaharuan pendidikan di Indonesia harus dilakukan agar peka terhadap perubahan zaman. Kelas VIIB SMPN 1 Turen ini termasuk kelas yang terbaik. Jam pelajaran dikelas billingual ini lebih banyak daripada kelas reguler. Sehingga mereka kurang termotivasi apabila sudah pada pelajaran jam ahir-ahir. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam sekripsi sehingga penulis mengambil judul Pelaksanaan Metode Snowballing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII B Billingual SMPN 01 Turen.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode snowballing dalam peningkatan motivasi belajar siswa di kelas VII B SMPN 1 Turen (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan metode snowballing di kelas VII B SMPN 1 Turen (3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan metode snowballing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII B SMPN 1 Turen.
Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalias dengan Analisis Deskriptif yaitu mendeskripsikan hasil pembelajara PAI dikelas VII B SMPN 1 Turen. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan Presistent Observation (ketekunan pengamatan), Trianggulasi dan Peerderieting( pemeriksaan sejawat melalui diskusi).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya metode Snowballing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PAI di kelas VII B SMPN 1 Turen. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan memberikan nilai tambahan bagi siswa yang menjawab, dan menyajikan materi yang menariki. Faktor penghambat adalah (1) pengaruh dari teman (2) kondisi siswa (3) kondisi lingkungan siswa (4) kondisi keluarga dari siswa itu sendiri. Sedangkan faktor pendukungnya adalah tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung seperti LCD dan Proyektor, kelas yang sudah dilengkapi AC, Perpustakaan yang memadai.
ABSTRACT
Advancement of education in Indonesia is strongly influenced by the quality of quality education. To achieve that, the renewal of education in Indonesia should be done so sensitive to the changing times. Class VIIB SMPN1 Turen include the best class. Hour class lesson this billingual more than the regular classroom. So they are less motivated when they are on the lesson nowdays. Departing from the author's background and want to discuss it in thesis so writer take the title snowballing Implementation Method To Increase Student Motivation in Islamic Religious Education Learning Classroom Billingual VII B SMP 01 Turen.
The purpose of this research are (1) To know the implementation of the snowballing method in increasing students' motivation in class VII B SMP 1
Turen (2) To know the efforts made to increase the motivation to learn by using
the snowballing method in class VII B SMP 1 Turen (3 ) To find out what factors is the bottleneck and supporting the implementation of the snowballing method to enhance students' motivation in class VII B SMP 1 Turen.
This study included descriptive qualitative research. Technique of data collecting is done through observation, interview and documentation. Then it is analyzed with Descriptive analysis that it is to describe the results of lesson PAI in class VII B SMP 1 Turen. As for checking the validity of research data using Presistent Observation (persistence observations), Trianggulasi and Peerderieting (peer examination through discussion).
Results of research indicate that in their implementation snowballing method can increase students' motivation in lessons PAI in class VII B SMP 1 Turen. Efforts are made to increase the motivation of teachers in learning by providing additional value for students who answered, and presents interesting material. Inhibiting factors are (1) the influence of friends (2) the condition of students (3) students of environmental conditions (4) the condition of the student's own family. While supporting factor is the availability of facilities and infrastructure that supports such as LCD and projector, the class is already equipped air conditioning, an adequate library.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Snowballing; Motivasi Belajar dan Pendidikan Agama Islam; Method of snowballing; Motivation and Learning of Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 11:44 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 11:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41974 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |