Munawaroh, Cholifatul (2011) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama dalam meningkatkan potensi peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110026.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (913kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan siswa khususnya dalam bidang keagamaan. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sebagai kegiatan tambahan, maka siswa mempunyai bekal yang cukup untuk mengembangkan kemampuan yang ada dalam diri setiap peserta didik.
Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler dalam dunia sekolah ditujukan untuk menggali dan memotivasi siswa dalam bidang tertentu. Dalam hal ini kegiatan ekstrakurikuler agama bertujuan untuk membantu dan meningkatkan pengembangan potensi dan wawasan anak didik khususnya dalam bidang pendidikan agama islam. Pelaksanaan dapat berjalan lancar dengan adanya sarana dan pra sarana yang cukup memadai serta pembina yang cukup berkompeten dalam bidang ekstrakurikuler tersebut.
Pembahasan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama dalam meningkatkan potensi peserta didik di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang, dengan tiga fokus penelitian, yaitu (1)Latar belakang diadakan kegiatan ekstrakurikuler agama di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang, (2)Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama dalam meningkatkan potensi peserta didik di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang, (3)Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam metode penelitian ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang dapat disimpulkan bahwa adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik, di sisi lain juga untuk menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan umum dengan pengetahuan agama. Bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler agama yang ada di MTs Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang antara lain: MTQ, seni musik banjari, qasidah modern, dan bimbingan keagamaan.
ABSTRACT
Implementation of religion extracurricular activities are very helpful in improving students' knowledge, especially in the religious field. With the implementation of extracurricular activities as an additional activity, the students have enough stock to develop the capabilities that exist in every learner.
Basically the world of extracurricular activities in schools aimed to explore and motivate students in a particular field. In this case religious extracurricular activities aim to assist and increase the development potential of and insight into their students, especially in the field of Islamic religious education. The implementation can run smoothly with the facilities and pre adequate facilities and coaches are quite competent in the field of extracurricular activities..
Discussion of this thesis aims to describe the implementation of religion in extracurricular activities increase potential students in MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang, with three focus research, namely (1) Background of extracurricular activities organized religion in MTs Rejoso Peterongan 1 Jombang, (2) The religion extracurricular activities in improving students' potentials in MTs Rejoso Peterongan 1 Jombang, (3) Inhibiting factors and supporting the implementation of activities extracurricular religious MTs Rejoso Peterongan 1 Jombang.
This research was conducted using descriptive methods qualitative. To obtain the data the researcher used the method of observation, interviews, and documentation. In this research method the researcher seeks conduct research that is described as a whole about the actual situation. In addition, to support the description of the actual situation on the ground, here the authors include the documentation as a supplement and reinforcement of research data.
Results obtained from studies conducted in MTs Rejoso Peterongan 1 Jombang can be concluded that the implementation of activities extracurricular religious MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang for develop the skills possessed by the learner, on the other hand also to balance between the general science with knowledge religion. The forms of religious extracurricular activities in MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang, among others: MTQ, banjari music art, modern
Qasidah, and religious guidance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kegiatan ekstrakurikuler agama; Potensi peserta didik; Religious Extracurricular Activities; Potential Learners | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 09:48 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 09:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41971 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |