Hidayati, Suci (2011) Hubungan dukungan orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Mukarromin Desa Wadak Kidul Duduk Sampeyan Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07410109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar pada hakekatnya merupakan hasil yang telah dicapai seseorang setelah melakukan usaha belajar. Pada umumnya semakin baik usaha belajar, maka akan semakin baik pula prestasi yang akan dicapai. Dalam kenyataannnya prestasi belajar siswa yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah dukungan orangtua, baik dalam bentuk pemberian bimbingan belajar, pemberian motivasi maupun penyediaan fasilitas belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa, tingkat dukungan orangtua siswa dan apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Mukarromin Desa Wadak-kidul Duduksampeyan Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel populatif yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis prosentase yang digunakan untuk menguji tingkat prestasi belajar dan tingkat dukungan orangtua sedangkan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar siswa menggunakan analisis korelasi product moment dari pearsons dengan bantuan komputer program SPSS versi 16,0.
Hasil analisis prosentase dari tingkat prestasi belajar didapatkan 21 siswa dengan prosentase 46,7% memiliki prestasi belajar yang baik, 20 siswa dengan prosentase 44,4% memiliki prestasi belajar sangat baik, dan 4 siswa dengan prosentase 8,9% memiliki prestasi belajar cukup. Analisis prosentase tingkat dukungan orangtua pada kategori sedang terdapat 29 siswa dengan porsentase 64,4%, kategori tinggi terdapat 9 siswa dengan prosentase 20%, dan pada kategori rendah terdapat 7 siswa dengan prosentase 15,6%. Sedangkan korelasi product moment dari pearsons menunjukkan angka korelasi sebesar 0,657 dengan p=0,000 (p < 0,05) yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Mukarromin Wadak-kidul Duduksampeyan Gresik. Untuk itu diharapkan agar siswa lebih meningkatkan prestasi belajarnya dan orangtua hendaknya mampu memberikan dukungan dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan anak dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan, serta memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya, agar siswa mendapatkan prestasi belajar yang lebih optimal.
ABSTRACT
The first time of transition from junior high school to senior high school was the difficult period for most of students, because it coincided with another development changing. Therefore, it can influent their learning achievement. Basically learning achievement is the result that reached after studied hard. Generally if the students do more effort of study they will reach the best achievement.
This study aim to determine the level of student achievement, student’s level of parental support and whether there is a positive and significant of the correlation between parental supports with the student in class VII of MTs Al- Mukarromin Wadak-kidul Duduksampeyan Gresik.
This study is a quantitative correlational research. The technique of sampling used sample populated method, 45 sample students. The Data collection techniques used interviews, questionnaires and documentation. Methods of data analysis conducted in this study using the percentage of analysis used to test the level of learning achievement and level of parental support while to test whether there is a relationship between parental supports with student achievement using the product moment correlation analysis of Pearson’s with the help of a computer program SPSS version 16, 0.
The results of analysis of percentage of learning achievement levels obtained 21 percent of students with learning achievement 46,7% had a good, 20 students with a percentage of 44,4% have a the best learning achievement, and 4 students with a percentage of 8,9% has a standard learning achievement. Analysis of the percentage level of parental support in the category of being there are 29 students with a percentage 64.4%, higher categories, there are 9 students with the percentage of 20%, and in the low category there were seven students with the percentage of 15.6%. While the product moment correlation of Pearson’s figures showed a correlation of 0.657 with p = 0.000 (p <0.05) which means there is a positive and significant relationship between parental support with a class VII student achievement MTs Al-Mukarromin Wadak-kidul Duduk sampeyan Gresik. In short the students are expected to further improve their academic achievement and parents should be able to support by giving intention of the children need and provide the facilities to study, and give motivation to improve the academic achievement, so that students get a more optimal learning achievement.
ABSTRAK ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan Orangtua; Prestasi Belajar; Parental Support; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 09:21 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 09:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41956 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |