Khoir, Ima Hikmatul (2011) Hubungan antara religiusitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa putri Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07410135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Islam mengatakan, konsumsi tidak dapat dipisahkan dari peranan keagamaan. Peranan keimanan menjadi tolak ukur penting karena keimanan memberikan cara pandang dunia yang cenderung mempengaruhi kepribadian manusia, yaitu dalam bentuk perilaku, gaya hidup, selera, sikap-sikap terhadap sesama manusia. Keimanan sangat mempengaruhi sifat, kuantitas dan kualitas konsumsi baik dalam bentuk kepuasan material maupun spiritual.
Konsumtif lebih khusus menjelaskan keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan yang maksimal. Bisa diakatakan sikap konsumtif adalah sikap menggunakan sesuatu tidak sesuai dengan keperluannya. Bisa juga diartikan sikap boros dalam menggunakan barang dan jasa. Sikap ini muncul karena pengaruh iklan-iklan produser yang begitu gencar. Melihat iklan-iklan ini orang jadi tertarik untu menggunakan atau memakai produk mereka walaupun si pemakai belum tentu butuh, mungkin hanya karena gengsi dan hal lain.
Mahasiswa yang memiliki religiusitas yang tinggi akan berperilaku sesuai dengan ajaran islam. Penguasaan landasan keilmuan ini menjadi modal besar bagi mahasiswa UIN dalam memahami keseluruhan aspek keilmuan islam, yang di gambarkan sebagai pokok pohon yang menjadi jati diri mahasiswa.
Penelitian dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian yang diteliti adalah mahasiswa putri fakultas Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan sampelnya Mahasiswa Putri Fakultas psikologi sebanyak 51 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket religiusitas dan angket perilaku konsumtif dengan menggunakan model skala Likert. Analisis deskriptif menggunakan kategori Mean dan standar deviasi. Analisis korelasional menggunakan teknik analisis korelasi product moment dengan reliabilitas sebesar -0.005.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara religiusitas dengan perilaku konsumtif yang ditunjukkan dengan reliabilitas sebesar -0.005 (p> 0,005).
ABSTRACT
Islam says, the consumption can not be separated from religious role. The role of faith become an important benchmark because faith gives way the world is likely to affect the human personality, namely in the form of behaviors, lifestyles, tastes, attitudes toward fellow human beings. Faith greatly affect the nature, quantity and quality of consumption in the form of material and spiritual satisfaction.
Consumptive more specifically describes the desire to consume goods that actually less is needed in excess to achieve maximum satisfaction. Can diakatakan consumerist attitude is the attitude to use something not in accordance with needs. It could also be interpreted in a manner wasteful use of goods and services. This attitude arose because the influence of commercials producer who is so intense. Seeing these ads untu people so interested in using or wearing their products even though the wearer is not necessarily needed, perhaps only because of prestige and other things.
Students who have high religiosity will behave in accordance with the teachings of Islam. Mastery of this scholarly foundation for students to be large capital UIN in understanding all aspects of Islamic scholarship, which is described as a stump in the identity of students. The study was conducted on students of the Faculty of Psychology State Islamic University of Malang Maulana Malik Ibrahim. The design of the study is a quantitative study with the type of correlational research. The study population under study is a student at State Islamic University faculty daughter of Maulana Malik Ibrahim Malang and Princess Faculty psychology student sample as many as 51 people. The sampling technique used was purposive sampling. Types of instruments used in this study a questionnaire religiosity and consumer behavior questionnaire using Likert scale model. Descriptive analysis using the categories mean and standard deviation. Correlational analysis using product moment correlation analysis technique with the reliability of -0005
The results showed that there is a negative relationship between religiosity in consumer behavior as indicated by the reliability of -0 005 (p> 0.005).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Religiusitas; perilaku konsumtif; Religiosity; consumer behavior | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 09:20 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2022 09:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41955 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |