Nuraeni, Diah (2010) Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VII & VIII Di SLTPN I Lumbang Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (796kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Masa remaja adalah masa dimana seorang remaja mulai memiliki suatu perasaan tentang identitas dirinya. Karena pada masa ini remaja mengalai masa peralihan dari masa kanak-kanak menjadi masa dewasa. Selama tahap ini seorang remaja mengalami penderitaan yang paling mendalam dalam menyelesaikan krisis identitasnya terkait itu kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal juga dialami pada masa ini. Dalam hal ini peneliti menemukan permasalahan yang terjadi pada siswa SLTPN I Lumbang Pasuruan yaitu meskipun memiliki kepercayaan diri tinggi akan tetapi mereka juga memiliki kecemasan komunikasi interpersonal yang tinggi pula. Hal ini yang ingin dikaji oleh peneliti lebih dalam, selain untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, tingkat kecemasan komunikasi interpersonal, serta hubungan diantara kedua variabel.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan, 2. Untuk mengetehui tingkat kecemasan komunikasi interpersonal siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan, 3. Untuk mengetehui apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SLTPN 1 Lumbang Pasuruan, dengan jumlah populasi 246 siswa dan jumlah sampel 86 siswa, pengambilan sampel dengan cara sampel berstrata proporsional. Dan data pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Alat ukur psikologi yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS 15.0 for windows.
Dari hasil analisis data menunjukkan tingkat kepercayaan diri berada pada kategori tinggi ada 33 siswa dengan prosentasi 40% dan kecemasan komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori rendah ada 62 siswa dengan prosentase 75%. Berdasarkan hasil korelasi analisis uji korelasi product moment antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan didapatkan hasil rxy = -0,238 dan p = 0,030. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal karena p 0,050 dapat dijelaskan dengan (rxy = -0,238; sig = 0,030 0,05). Analisis Semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin rendah kecemasan komunikasi interpersonalnya.
ABSTRACT
Masa remaja adalah masa dimana seorang remaja mulai memiliki suatu perasaan tentang identitas dirinya. Karena pada masa ini remaja mengalai masa peralihan dari masa kanak-kanak menjadi masa dewasa. Selama tahap ini seorang remaja mengalami penderitaan yang paling mendalam dalam menyelesaikan krisis identitasnya terkait itu kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal juga dialami pada masa ini. Dalam hal ini peneliti menemukan permasalahan yang terjadi pada siswa SLTPN I Lumbang Pasuruan yaitu meskipun memiliki kepercayaan diri tinggi akan tetapi mereka juga memiliki kecemasan komunikasi interpersonal yang tinggi pula. Hal ini yang ingin dikaji oleh peneliti lebih dalam, selain untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, tingkat kecemasan komunikasi interpersonal, serta hubungan diantara kedua variabel.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan, 2. Untuk mengetehui tingkat kecemasan komunikasi interpersonal siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan, 3. Untuk mengetehui apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SLTPN 1 Lumbang Pasuruan, dengan jumlah populasi 246 siswa dan jumlah sampel 86 siswa, pengambilan sampel dengan cara sampel berstrata proporsional. Dan data pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Alat ukur psikologi yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS 15.0 for windows.
Dari hasil analisis data menunjukkan tingkat kepercayaan diri berada pada kategori tinggi ada 33 siswa dengan prosentasi 40% dan kecemasan komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori rendah ada 62 siswa dengan prosentase 75%. Berdasarkan hasil korelasi analisis uji korelasi product moment antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal siswa SLTPN 1 Lumbang Pasuruan didapatkan hasil rxy = -0,238 dan p = 0,030. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal karena p 0,050 dapat dijelaskan dengan (rxy = -0,238; sig = 0,030 0,05). Analisis Semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin rendah kecemasan komunikasi interpersonalnya .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepercayaan Diri; Kecemasan Komunikasi Interpersonal; Self Esteem; Interpersonal Communication Anxiety | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41917 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |