Rohmatulloh, Ahmad Sahal Rohmatulloh (2011) Perspektif pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah: Kajian kitab Tuhfa Al-Maudud bi Ahkam Al-Maulud. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam lingkungan keluarga dewasa ini, pendidikan anak usia dini masih sering dianggap hanya sebagai bentuk tradisi yang turun temurun, namun hal itu sangat tidak boleh disepelehkan perhatiannya bagi kedua orang tua. Karena perlu diketahui seorang anak yang sudah dewasa nanti, tingkah lakunya, perilakunya, tindak tuturnya itu semua dipengaruhi pada awal perkembangannya yaitu usia dini yaitu saat anak awal perkembangan membutuhkan perhatian penuh dari orang tua serta bimbingan yang kondusif untuk menunjang kreativitasnya dalam segala bidang dan aspek-aspek yang ada pada potensi anak usia dini tersebut.
Penelitian skripsi ini, mengacu pada konsep yang dipaparkan oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Tuhfa al-Mudūd bi Ahkāmil al-Maulūd. Dan mengambil judul Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (Kajian Kitab Tuhfa al-Mudūd bi Ahkāmil al-Maulūd). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui karakteristik pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah, 2) untuk mengatahui aspek- aspek yang mempengaruhi pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim al- Jauziyah, 3) mengetahui relevansi pendidikan anak usia dini dengan pendidikan Islam. Metode penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian library research yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan teknik analisis menggunakan content analysis (analisis isi).
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah: 1) Karakteristik Pendidikan Anak Usia Dini meliputi 2 masa: a)Masa menyusui pada usia 0-2 tahun yang memiliki tahapan perhatian yaitu: Memberikan perhatian pada anak dengan stimulus atau rangsangan individu, baik itu nama, suasana agamis dan pengasuhan. b) Masa Batuta pada usia 3-6 tahun adalah perhatian orang tua mendidik anak meliputi 5 aspek tanggung jawab yaitu:perhatian pengenalan aqidah dah hak tanggung jawab terhadap sosial, diri sendiri dan jiwa intelektual.
2) Aspek-aspek yang mempengaruhi pendidikan anak usia dini meliputi dua hal: a) aspek hereditas, dan b) aspek lingkungan; 3) Relevansi konsep pendidikan prenatal menurut Ibnu Qayyim al-jauziyah adalah anak pada saat kecil atau awal- awal perkembangannya sangat membutuhkan bantuan dari kedua orang tua dan dengan bantuan dari kedua orang tuanya, mereka dididik untuk siap dan menjadi generasi muslim yang unggul dari berbagai aspek yang ditekuninya.
ABSTRACT
In an environmental family nowadays, education for early childhood is often still considered as a hereditary form of tradition. Education for early childhood should not be looked down by both Parents. It is need to know that a child that becomes well adults, his behavior, his manners, his saying are influenced in the beginning of his growth, early childhood, when he requires full attention and guidance from parents who conducive to supporting all the creativities in all fields and aspects which exist on the early age.
This thesis refers to the concept presented by Ibn Qayyim Al-Jauziyah in book Tuhfatul Mudud bi Ahkamil Maulud, and take the title of Early Childhood Education in Ibn Qayyim Al-Jauziyah’s Perspective (Book Review Tuhfatul Mudud bi Ahkamil Maulud). The purpose of this research is: 1) to know the concept of early childhood education according to Ibn Qayyim al-Jauziyah, 2) to know aspects influencing early childhood education according to Ibn Qayyim al- Jauziyah, 3) to know the relevance of the education of early childhood with Islamic education. Research method usage is included library research which uses descriptive qualitative approach, techniques of collecting the data are technical documentation and technical analysis methods using content analysis.
Results of the research are: 1) The concepts of early childhood education include 2 periods: a) The period of breastfeeding in 0-2 years old that has the attention of: Giving attention to the child with an individual stimulus or stimuli, be it a name, religious atmosphere and parenting. b) Batuta Age in 3-6 years is an attention of parents to educate the child including 5 aspects of responsibility: attention to the introduction of aqidah dah responsibility for social rights, intellectual self and soul, 2) Aspects affecting early childhood education include two things: a) The aspect of heredity, and b) Environmental aspects, 3) The relevance of concept of parental education according to Ibn Qayyim al-jauziyah is that children in the early age require assistance from both parents, they are educated to be ready being Muslim generation and winning of the various aspects practiced.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini; Ibnu Qayyim; Tuhfa al-Mudūd bi Ahkāmil al-Maulūd; Early Childhood Education; Ibn Qayyim; Tuhfatul Mudud bi Ahkamil Maulud | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2022 09:27 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 14:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41903 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |