Penerapan strategi pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo

Aini, Kurratul (2008) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04130041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (828kB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2004. Dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok kecil untuk mencapai keberhasilan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka dapat saling mendiskusikan masalah-masalah tersebut dengan teman kelompoknya. Salah satu metode pembelajaran kooperatif adalah model STAD, yang sederhana dan cocok diterapkan di dalam kelas, khususnya mata pelajaran ekonomi pada pokok bahasan uang dan perbankan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo, (2) mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo, (3) mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus kecil. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-I yang terdiri dari 39 orang siswa, yang selanjutnya dibagi menjadi 8 kelompok secara heterogen. Dimana pada siklus I dan II membahas tentang uang dan perbankan. Akhir pelaksanaan siklus I dan II diadakan tes akhir setelah pelaksanaan tindakan. Tes ini dilaksanakan dalam rangka untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat melalui pengamatan guru serta angket.

Berdasarkan pengamatan guru dan angket aktivitas siswa yang dilakukan setiap siklus, persentase rata-rata aktivitas siswa belajar di kelas dalam pembelajaran kooperatif model STAD menunjukkan peningkatan dengan cukup baik. Hal ini juga dapat dilihat hasil tes pada setiap siklus, pembelajaran materi kegiatan pokok ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I dari 39 siswa yang dinyatakan lulus sebanyak 23 orang atau 59%, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 16 orang atau 41%. Dan pada siklus II menjadi 89,7% yakni dari 39 peserta tes, yang dinyatakan lulus sebanyak 35 orang. Sedangkan yang tidak lulus sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 10,3%, karena skor tesnya kurang dari 60.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Pembeljaran kooperatif model STAD; Aktivitas belajar siswa; Prestasi belajar siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Errisa Aprillia Rengganis
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:54
Last Modified: 09 Aug 2016 01:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item View Item