Nuraini, Ulfatun (2011) Implementasi Manajemenen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110132.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dunia pendidikan saat ini sedang diguncang oleh berbagai perubahan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Kesadaran dunia pendidikan dalam merespon berbagai tantangan pada setiap zaman adalah suatu keharusan. Hal yang demikian mengingat dunia pendidikan merupakan salah satu pranata yang terlibat langsung dalam mempersiapkan masa depan umat manusia. Pendidikan merupan kunci suatu bangsa untuk meningkatkan kecakapan dan kemampuan untuk menyiapkan masa depan agar dapat bersaing dengan bangsa lain. Salah satu strategi pembangunan untuk mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu penerapan manajemen pendidikan berbasis sekolah yang merupakan salah satu wujud otonomi pendidikan. Manajemen berbasis sekolah menawarkan kepada sekolah untuk lebih mandiri dalam mengelola sekolahnya dan selalu tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dan lingkungannya. Disamping itu, mendorong adanya partisipatif secara langsung yang melibatkan semua stakeholder pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasakan pendidikan nasional.
Permasalahan yang diteliti adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana manajemen berbasis sekolah di MA Almaarif Singosari (2) Bagaimana peningkatan mutu pendidikan di MA Almaarif Singosari (3) Bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Almaarif Singosari. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan Manajemen berbasis sekolah di MA Almaarif Singosari dan Peningkatan mutu pendidikan di MA Almaarif Singosari serta Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu di MA Almaarif Singosari.
Adapun penelitian yang di gunakan adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan analisis kualitatif deskriptif merupakan gambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan beberpa metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan adalah menuntut guru untuk bersifat kreatif, aktif, dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar, mendatangkan tutor dari Asia agar siswa dapat meningkatkan bahasa Inggris, dan menambah jam pelajaran untuk siswa kelas 3 setelah pulang sekolah. Dalam segi peningkatan mutu pendidikan maka dapat terbukti dari prestasi yang telah dicapai oleh sekolah dan dari siswa baik prestasi akademik maupun non akademik serta banyaknya siswa yang telah di terima di perguruan tinggi negeri dan swasta dan yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi MBS; Peningkatan; Mutu Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2022 09:28 | ||||||
Last Modified: | 29 Nov 2022 09:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41897 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |