Widodo, Setiaji Mulyo (2011) Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MTs. Roudlotun Nasyi’in Kemlagi - Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnnya Maka kepala sekolah bertugas membimbing pengawasan dan bimbingan kepada guru bertugas dalam bidang studi. Usaha peningkatan profesionalitas guru ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemampuan dan usaha-usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan orang lain karena mereka belum memahami jenis prosedur dan mekanisme memperoleh berbagai sumber yang sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuan guru. Disinilah diperlukan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Roudlotun Nasyi’in Kemlagi Mojokerto. Dengan adanya usaha peningkatan profesionalitas guru yang dilakukan oleh kepala sekolah diharapkan bisa menciptakan profesionalitas guru yang berkualitas sehingga akan mengantarkan peserta didik menuju kesuksesan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data, daam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Penelitian dan kajian skripsi ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Roudlotun Nasyi’in Kemlagi Mojokerto, 2) Mendeskripsikan usaha-usaha guru dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Roudlotun Nasyi’in Kemlagi Mojokerto, 3). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Roudlotun Nasyi’in Kemlagi Mojokerto.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian dilapangan. Dalam menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu: teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pertimbangan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru antara lain: Mengikutsertakan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Mengikutsertakan dalam penataran, dan Mengikuti seminar/ diskusi. Sedangkan usaha guru dalam meningkatkan profesionalitas guru melalui: Musyawarah guru Mata pelajaran, penataran-penataran pendidikan, Diskusi / seminar tentang pendidikan. Adapun faktor yang mendukung adalah: kesesuaian antara latarbelakang pendidikan guru dengan bidang studi yang diajarkan, Adanya partisipasi masyarakat. Dan faktor yang penghambat adalah masalah kurangnya kedislipinan, dan sarana dan prasarana kurang memadai dan masalah dana masih diperlukan.
Dari uraian diatas sebaiknya kepala sekolah lebih bertanggung jawab dalam bertugas membimbing dan mengarahkan para guru sehingga dapat menumbuhkan kesadaran guru untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar.
ABSTRACT
The quality of an educational institution depends on the head of the school as an educational leader. head of the school has a very important role in advancing the institution that leadered. Then head school served to guide the supervision and guidance of the teacher on duty in the field of study. Efforts to improve the professionalism of teachers will be more successful if carried out by teachers with the skills and efforts of their own. But often times the teachers still need help from others because they do not understand what kind of procedures and mechanisms for obtaining a variety of sources that are necessary in an effort to increase the ability of teachers. This is where the head of the school in the necessary effort to increase the professionalism of teachers in MTs Roudlotun Nasyi'in Kemlagi Mojokerto. With the efforts to increase the professionalism of teachers conducted by the head of the school is expected to create professional- quality teachers that will lead learners to success.
The study was descriptive qualitative research that is described, explained and interpreted the data and generate descriptive data in the form of words written / spoken of the people and behaviors that can be observed and that data is a statement. Technique data collecting by observation, interviews, and documentation. Descriptive qualitative data analysis technique. Establish the validity of the data, this research daam using the technique of data triangulation technique checks the validity of data that utilize a variety of outside sources of data such as comparative material.
Research and study of this thesis aims: 1) Describe the efforts in improving the professionalism of the head of school teachers in MTs Roudlotun Nasyi'in Kemlagi Mojokerto, 2). Describe the factors that support and hinder efforts to improve the professionalism of the head of school teachers in MTs Roudlotun Nasyi'in Kemlagi Mojokerto.
To achieve these objectives, the research conducted in the field. In determining the validity of the data, this study uses data triangulation technique, namely: data validity checking technique that utilizes a variety of outside sources of data for consideration.
From the results of research and discussion can be concluded as follows: Business school principals in improving the professionalism of teachers, among others: Involve teachers in the Teacher, Enrolling in a refresher, and Following the seminar / discussion. While teachers' efforts in improving the professionalism of teachers through: Deliberation teacher subjects, upgrading, upgrading education, discussion / seminar on education. The factors that support are: the adjustment of the educational background of teachers with subject areas taught, existence of community participation. And the inhibiting factor is the lack dicipline problems, and inadequate infrastructure and funds are still needed.
From the description above principals should be more responsible in charge of guiding and directing the teachers so as to sensitize teachers to further improve the quality of teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Kepala Sekolah; Profesionalitas Guru; Effort Principals; Teachers Professionalism | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2022 09:29 | ||||||
Last Modified: | 29 Nov 2022 09:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41895 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |