Penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk murid berkecerdasan kinestetik di SD Plus Al Kautsar Blimbing Malang

Maghfiroh, Elmi Yuni Adi (2008) Penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk murid berkecerdasan kinestetik di SD Plus Al Kautsar Blimbing Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (915kB)

Abstract

INDONESIA:

Potensi sumber daya manusia merupakan aset nasional sekaligus sebagai modal dasar pembangunan bangsa. Potensi ini hanya dapat digali dan dikembangkan secara efektif melalui strategi pembelajaran yang terarah dan terpadu, yang dikelola secara serasi dan seimbang dengan memperhatikan pengembangan potensi peserta didik secara utuh dan optimal untuk mencapai sasaran dalam kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan selama ini masih bersifat masal, yang memberikan perlakuan dan layanan pendidikan yang sama kepada semua peserta didik. Padahal, mereka berbeda tingkat kecakapan, kecerdasan, minat, bakat, ingatan, emosi, kemauan dan kreativitasnya. Strategi pembelajaran seperti ini memang tepat dalam konteks pemerataan kesempatan, akan tetapi kurang menunjang usaha mengoptimalisasikan pengembangan potensi peserta didik secara cepat.

Fokus dari pada penelitian ini adalah (1) Penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama islam untuk murid berkecerdasan kinestetik di SD Plus Al Kautsar Blimbing-Malang. (2) Model-model strategi pembelajaran pendidikan agama islam untuk murid berkecerdasan kinestetik di SD Plus Al Kautsar Blimbing-Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dimana peneliti berusaha menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi dan berbagai variabel yang ada di SD Plus Al Kautsar Blimbing Malang, untuk kemudian dianalisis secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancra dan metode dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan (1) Analisa pengumpulan data, dengan proses reduksi data penyajian data, mengkomparasikasikan data, analisis datadan sintesis data, (2) Analisa data setelah data terkumpul dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data artinya membandingkan dan mengecek data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan.

Dari hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa: (1) terdapat tiga strategi pembelajaran yang diterapkan, diantaranya adalah: Pertama, penerapan strategi pengorganisasian pembelajaran yang digunakan di SD Plus Al Kautsar Blimbing Malang antara lain dengan diwajibkannya guru untuk membuat perangkat pengajaran yang terdiri dari progran tahunan, program semester, silabus dan rencana pembelajaran. Kedua, Penerapan strategi penyampaian yang dilakukan di SD Plus Al Kautsar Blimbing Malang yaitu dengan menganalisis sumber belajar dan analisis karakteristik peserta didik terlebih dahulu. Ketiga, Penerapan strategi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan adalah dengan penggunaan jenis-jenis interaksi belajar-mengajar bukan hanya komunikasi satu arah, akan tetapi multi arah. (2) Model-model strategi pembelajaran pendidikan agama islam yang digunakan untuk murid berkecerdasan kinestetik di SD Plus Al Kautsar Blimbing Malang adalah sosiodrama, manipulasi, peta tubuh, permainan, demonstrasi, dan ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bashori, Bashori
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Murid Berkecerdasan Kinestetik
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:07
Last Modified: 09 Aug 2016 02:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item