Wibowo, Adi (2011) Pengembangan kompetensi Guru Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kompetensi guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang dan mengetahui sejauh mana upaya guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang serta mengidentifikasi kendala guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan oleh peneliti untuk mengungkapkan data deskriptif dari informasi yang peneliti lakukan, rasakan dan alami terhadap fokus penelitian. Sebagai peneliti kualitatif yang bersifat deskriptif, maka penelitian ini untuk memaparkan data dan mengolahnya secara deskriptif tentang fokus penelitian sesuai dengan data-data yang diperoleh, dengan kata lain penelitian deskriptif ini dilakukan untuk memperoleh informasi- informasi mengenai keadaan saat ini dan dipaparkan dalam bentuk deskripsi menurut bahasa cara pandang subjek penelitian. Data penelitian yang diperoleh akan dikemas dengan tiga teknik: tenik Interview (wawancara), teknik Observasi dan teknik Dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui tiga tahap yaitu: Pengumpulan data, Proses pemilihan dan kesimpulan. Oleh karena itu hasil dari penelitian ini dapat memberikan suatu gambaran tentang komponen- komponen yang dapat memberikan kefalitan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah pengembangan kompetensi guru agama Islam dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang dengan baik, hal ini sesuai dengan latar belakang guru agama di MAN 3 Malang sudah sesuai dengan mapel (mata pelajaran) yang diajarkan. Upaya yang dilakukan guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang, diantaranya: Meningkatkan mutu pembelajar siswa, mendidik dengan bahasa yang santun, memakai metode yang berfariasai. Kendala guru agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang, diantaranya, sikologis siswa yang berbeda-beda, background keluarga yang berbeda, kurikumum yang terlalu banyak, Siswa beranggapan bahwa pelajaran agama tidak penting, dan terbatasnya laboratorium yang berkaitan dengan keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Kompetensi Guru Agama Islam; Pembelajaran Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 10:52 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41885 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |