Wati, Muslikha Anjar (2011) Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 di SMA Islam Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (667kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru mempunyai fungsi dan peran serta kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Untuk mewujudkan Pembangunan Nasioanal dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju adil, makmur, dan beradab.
Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-undang Republik Indonesian Nomor 14 tahun 2005 tentang Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional Pendidikan (SNP) dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan persyaratan memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau DIV yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Sebagai agen pembelajaran, seseorang harus mampu memiliki Kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial.
Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Kepanjen untuk menjelaskan (1) Persepsi siswa terhadap kompetensi Pedagogik guru pendidikan agama Islam kelas XII IPA1 Dan XII IPA2 di SMA Islam Kepanjen (2) persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam kelas XII IPA I Dan XII IPA2 Di SMA Islam Kepanjen (3) persespi siswa terhadap kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam kelas XII IPA 1 Dan XII IPA2 di SMA Islam Kepanjen(4) persepsi siswa terhadap kompetensi guru pendidikan agama Islam kelas XII IPAI Dan XII IPA 2 di SMA Islam Kepanjen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif disktiptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, Sosial guru PAI. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase :
P = F X 100 %
N
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa persespi siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI sebesar 62,3% sebagian besar responden menjawab pada indikator menunjukan penguasan materi pembelajaran. Persepsi siswa terhadap Kompetensi Kepribadian Guru PAI sebesar 57,7% sebagian besar responden menjawab pada indikator menunjukan sikap terbuka pada respon siswa. Persepsi siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru PAI sebesar 64,1% sebagian besar responden menjawab pada indikator melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (Tujuan). Persepsi siswa terhadap Kompetensi Sosial Guru PAI sebesar 60,3% sebagian besar responden menjawab pada indikator melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan yang positif. Dengan hasil diatas diharap Guru PAI untuk lebih menigkatkan kompetensi yang sudah dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi siswa; Kompetensi Guru; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 10:58 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 10:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41875 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |