Mazidah, Athiyyatul (2011) Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an (Kajian Surat Luqman Ayat 12-19). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (714kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Seorang anak pada usia dini mempunyai daya tangkap yang kuat dalam menerima pendidikan. Keluarga atau orang tua sangat berpengaruh terhadap masa depan anak-anak mereka dalam berbagai tingkatan. Pendidikan Islam adalah usaha untuk mengembangkan fitrah manusia agar terwujud kehidupan manusia yang makmur dan bahagia. Selain pendidikan agama yang diberikan orang tua terhadap anak, lingkungan sosial anak seperti sekolah teman dan lingkungan masyarakat juga mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap pembentukan kepribadian anak.
Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan anak usia dini yang termuat dalam Al Qur’an Surat Luqman ayat 12 – 19. untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode tematik, metode deduktif, metode induktif, metode komparasi, dan deskriptif. Sedangkan penelitian yang penulis lakukan adalah studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, seperti kitab-kitab klasik, buku-buku, majalah, dan sumber lain yang relevan dengan pokok bahasan, setelah itu dipelajari dan diteliti secara cermat kemudian data-data tersebut digeneralisasi serta dipilah-pilah berdasarkan kesesuaian dengan tema kajian, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut, dianalisis secara mendalam dengan metode analisis isi (content analysis).
Hasil dari analisis penelitian ini menjelaskan bahwa tujuan pendidikan anak usia dini melalui Surat Luqman ayat 12-19 adalah pembentukan kepribadian anak di usia dini akan membentuk kepribadian seorang hamba Allah yang beriman dan bertakwa dengan cara hati-hati dalam menanamkan keesaan Allah SWT, nilai syukur serta nilai tauhid sebab anak sejak lahir, telah membawa fitrah keagamaan yang berfungsi di kemudian hari melalui proses bimbingan dan latihan setelah berada pada tahap kematangan, menanamkan ketaatan pada ibu bapak, mengajarkan pergaulan yang benar, menanamkan kepribadian yang kuat, serta membentuk kejiwaan yang kokoh, menumbuhkan sifat rendah hati dan menjauhkan sifat sombong, mengajarkan kesopanan dalam sikap dan ucapannya.
ABSTRACT
A child at age early have strong adding capacity in accepting education. Family or old fellow very having an effect on to their children future in so many level. Education of Islam is effort to develop human being fitrah so that happy and prosperous human life form. Besides education of given by religion is old fellow to child, environmental of child social like friend school and society environment also have very strong influence to forming of personality of child.
Result of from this research analysis explain that target of education of age child early through Letter of Luqman sentence 12-19 is to forming of personality of child in age early will form personality a godly and religious Allah slave by bewaring of in inculcating singleness of Allah of SWT, value thank goodness and also assess tauhid because child from the day burned, have brought functioning religious fitrah later on day through tuition process and practice after residing in at maturity phase, inculcating adherence at father mother, teaching real correct association, inculcating strong personality, and also form sturdy psychological, grow the nature of lowering liver and keep away the nature of bluffing, teaching courtesy in attitude and its utterance.
Pursuant to the mentioned, this skripsi aim to to know to education of age child early which included in Al Qur'an Letter of Luqman sentence 12 - 19. to reach the target, there are some used by approach is writer, that is method of thematic, deductive method, inductive method, method of compares, and is descriptive. While research which is writer is book study (research library), that is by mustering information of reading materials, like classic books, books, magazine, and relevant other source with discussion fundamental, is afterwards studied and checked carefully later; then the data’s is generalizing and also assorted pursuant to as according to study theme, last of obtained data from result of assorted, analyzed exhaustively with content analysis method (analysis content).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan; Usia Dini; Al-Qur’an; tafsir Luqman Ayat 12-19; Education; Age Early; Al-Qur'An; interpret Luqman Sentence 12-19 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 10:57 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 10:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41874 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |