Soffa, Barokatus (2011) Peran penerapan pendekatan Inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII H di SMP Negeri 1 Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Pakis Malang masih menggunakan pendekatan pembelajaran tradisional yaitu dengan metode ceramah. Peserta didik kurang diberi kesempatan untuk memberikan alternatif jawaban-jawaban tertentu yang dapat menumbuhkembangkan ide-idenya. Sehingga siswa cenderung pasif, sedangkan guru aktif. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar siswa menjadi rendah.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan pembelajaran yang ada selama ini, dimana guru selalu diposisikan sebagai satu-satunya sumber meraih informasi (teacher centered) dan siswa bersikap pasif dalam mencari dan mengolah informasi tersebut, dengan membiasakan siswa secara kreatif (student centered) menkonstruksi sendiri pemahamannya melalui kegiatan belajar mereka. Dan pendekatan inkuiri merupakan salah satu alternatif untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan pendekatan ini diharapkan membantu melatih siswa untuk lebih peka pada dirinya dan lingkungannya, serta secara kreatif dapat menkonstruksi pemahamannya dengan lebih baik sehingga materi pelajaran pendidikan agama Islam dapat dengan mudah diinternalisasikan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas VIII H di SMP Negeri 1 Pakis Malang? Bagaimana peran pendekatan inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII H pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Pakis Malang?
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pakis Malang. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) wawancara dan (3) dokumentasi.
Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri pada bidang studi PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakis Malang. Peningkatan ditandai dengan meningkatnya aspek tingkah laku, aspek kognitif, dan aspek ketertarikan, yang tampak pada saat pembelajaran. Siswa menjadi aktif dalam berdiskusi, siswa berebut untuk menjawab pertanyaan dari guru, siswa sudah berani mengajukan pertanyaan pada guru, siswa sudah berani mengemukakan ide-idenya, dan siswa mempunyai rasa ingin tahu yang baik, ditunjukkan dengan membaca materi sebelumnya di rumah.
Selain itu, data empiris juga menunjukkan peningkatan jumlah nilai rata- rata pre test sebesar 2,5 meningkat sebesar 3,6 atau sebesar 44% pada siklus I. Pada siklus II, meningkat menjadi 3,8 atau sebesar 52%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI, agar dalam penerapan pendekata inkuiri benar-benar efektif, guru harus secara konsisten menerapkan pendekatan inkuiri sesuai langkah-langkahnya yaitu merumuskan masalah, mengumpulkan data, menganalisis dan mengajukan hasil, serta mengajukan hasil karya. Selain itu menggunakan media belajar, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang pendekatan inkuiri, memodifikasi kegiatan belajar dengan antara lain dengan cara mengorganisir siswa untuk melakukan pendekatan inkuiri secara kelompok, memberikan stimulus berupa hadiah (reward), dan pemberian motivasi.
ABSTRACT
Islamic Religious Education Learning at SMP Negeri 1 Malang Pakis are still using traditional learning approach that is by lecture methods. Learners lack the opportunity to provide alternative answers to develop certain ideas. So that students tend to be passive, while the teacher is active. This resulted in students' motivation is low.
One way that can be done is to change the existing learning approaches so far, where the teacher is always positioned as the only source of information gain (teacher centered) and students to be passive in the search and process information, to familiarize students creatively (student centered) constructed their own understanding through their learning activities. And the inquiry approach is an alternative to making these changes. With the use of this method is expected to help train students to be
more sensitive to her and their environment, and can creatively constructed with a better understanding so that the Islamic Education subject matter can be easily internalized and can enhance students' learning motivation. Departing from the above problems, the general problem formulated in this study is, How to approach the application of inquiry in the Islamic religious education lessons in eighth grade at Junior High School 1 H Pakis Malang? How does the role of inquiry approach in enhancing students' motivation in learning class H VIII Islamic religious education in SMP Negeri 1 Malang Pakis?
This research was carried out in SMP Negeri 1 Pakis Malang. With the design of classroom action research (Classroom Action Research) type of collaborative. Phase of this study followed the model developed by Kemmis and Taggart, namely in the form of a spiral cycle which includes planning activities, implementation of action, observation, and reflection. Data gathering techniques used, namely: (1) observation, (2) interview, and (3) documentation.
Qualitative data consisting of the observation and documentation were analyzed by descriptive qualitative data while the form of numbers or quantitative data is analyzed by using quantitative descriptive analysis. Based on the research that has been done, it can be concluded that the application of inquiry approach in the field of Islamic studies to enhance students' motivation VIII grade in SMP Negeri 1 Pakis Malang. The increase marked by increasing behavioral aspects, cognitive aspects, and aspects of interest, which seemed at the time of learning. Students became active in the discussions, students are scrambling to answer questions from teachers, students have dared to ask questions to teachers, students have dared to express his ideas, and students have a good curiosity, demonstrated by reading the previous material at home.
In addition, empirical data also shows that the number average value of 2.5 pre test increased by 3.6 or 44% in cycle I. In cycle II, rising to 3.8 or 52%. From the results of this study, researchers gave some suggestions for consideration, among other things: for teachers PAI, for the implementation of inquiry approaches
are truly effective, teachers should consistently implement inquiry approach based on the steps of formulating problems, collect data, analyze and submit the results, and proposed hail the work. In addition, using the media to learn, trying to change students' habits by giving understanding of the inquiry approach, modifying the
learning activities with, among others, by organizing students to conduct inquiry in a group, assign, reward stimulus (reward), and providing motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Inkuiri; PAI; Motivasi Belajar; Inquiry approach; Islamic Religius Education; Motivation Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:17 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41863 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |