Harfitami, Harfitami (2011) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangploso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (887kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar yang dilakukan siswa tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam kegiatan belajar dalam hal ini kesulitan membaca Al-Qur’an. Tapi tidak semua siswa yang mengalami kesulitan belajar. Berbagai kesulitan yang dihadapi siswa adalah masih banyak ditemukani kesalahan siswa dalam membaca Al-Qur’an, misalnya ada beberapa siswa yang masih terbata-bata dalam membaca, belum mampu mempraktikkan bacaan mad dengan benar yaitu terkadang bacaan mad tidak dibaca panjang dan yang seharusnya pendek malah dibaca panjang. Siswa juga masih banyak melakukan kesalahan dalam hal membaca hukum bacaan yang dibaca dengung dan yang tidak dibaca dengung itu disebabkan siswa tersebut tidak menyukai pelajaran Pendidikan Agama Islam, mereka lebih senang dengan pelajaran umum seperti Saintek. Sedangkan pada kenyataannya porsi jam pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini hanya 2 jam perminggu. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba mengungkap bagaimana upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangploso.
Melihat fenomena di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut yaitu di SMPN 1 Karangploso. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangploso dengan segala faktor pendukung dan penghambatnya.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, interview dan dokumenter.
Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah: Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangploso: menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi secara tepat, pemanfaatan fasilitas belajar, adanya bimbingan tambahan yang difokuskan pada siswa yang kurang mampu dalam membaca Al- Qur’an, guru harus berusaha dengan lebih telaten dalam memahamkan siswa agar siswa yang kesulitan membaca Al- Qur’an bisa diminimalkan dan selalu memberikan motivasi kepada siswanya setelah selesai kegiatan pembelajaran dan memperkuat semangat.
Saran-saran dalam penelitian ini bagi guru PAI adalah sudah semestinya seorang guru yang mengajar Al-Qur’an harus profesional dalam bidangnya dan sudah menunjukkan hasil yang baik.
ABSTRACT
In the learning activities the students are not always smooth like what is expected. Sometimes they have difficulties or obstacles in learning activities in this trouble reading the Qur'an. But not all students who have difficulty learning. The difficulties faced by students is still a lot of mistakes founded students in reading the Quran, for example, there are some students who still stammered in reading, has not been able to practice reading correctly mad mad reading that is sometimes not read the long and short should instead read length. Students are also still doing a lot of mistakes in reading the law that reads read the hum and buzz that is not read it because the student is not like the Islamic Religious Education lessons, they are more pleased with general subjects such as Saintek. Whereas in fact the portion of hours of lessons in the curriculum of Islamic Religious Education (Education Unit Level Curriculum (SBC) is only 2 hours per week. Therefore, researchers wanted to try to uncover how the efforts of Islamic Teachers in overcoming difficulties in learning to read the Quran in class VIII at SMPN1 Karangploso.
Looking at the above phenomenon, the researcher is interested in studying the existence of these schools are at SMPN1 Karangploso. The purpose of this study is to describe efforts in overcoming difficulties PAI Teachers learn to read the Quran in class VIII at SMPN1 Karangploso with all the supporting and inhibiting factors.
To obtain the data in this study the author uses descriptive qualitative research method of data generated through the method of observation, interviews and documentaries. Conclusions drawn from the research are: PAI Teacher Effort in overcoming difficulties in learning to read the Quran in class VIII at SMPN 1 Karangploso: using varied teaching methods appropriately, the use of learning facilities, the existence of additional guidance that is focused on students less capable of reading the Quran, the teacher should be more patient in trying to assimilate students for students who have difficulty reading the Quran can be minimized and always provide motivation to students after completion of learning activities and strengthen the spirit.
The suggestions in this research for teachers PAI was granted a teacher who taught the Qur'an must be professional in their field and have shown good results.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru PAI; Kesulitan Belajar Siswa Membaca Al-Qur’an; PAI Teachers; Students Learning Difficulties Reading Al-Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:49 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41854 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |