Darmayanti, Dian Novita (2011) Implementasi kompetensi Pedagogik guru PAI dalam meningkatkan pemahaman materi Akidah Akhlak siswa SMP Negeri 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam menghadapi era globalisasi ini diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. SDM seperti itulah yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan sekolah. Dan keberhasilan pendidikan ditentukan beberapa komponen seperti guru, kurikulum, siswa, serta sarana prasarana serta lingkungan. Guru merupkan komponen yang sangat menentukan kualitas pendidikan dan juga sebagai salah satu tokoh yang bisa merubah pola pikir dan tingkah laku seorang anak melalui caranya dalam pembelajaran. Namun pada kenyataannya saat ini masih banyak problema yang dihadapi dalam proses pembelajaran dalam hal akhlaq murid seiring dengan berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Seperti krisis moral/dekadensi moral, tawuran antar siswa serta semakin banyaknya pemakaian narkobamulai nampak tindakan mencuri milik temannya, membohongi gurunya dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu ditanamkan sejak dini pada anak kebiasaan bersikap sopan dan selalu berbuat hal-hal terpuji lainnya. Dari segi ini sudah jelas bahwa ilmu akhlak itu sangat penting karena dapat menuntun para anak didik untuk menemukan dunianya dalam menyalurkan bakatnya kepada tindakan sublimatif dan konstruktif..
Berangkat dari hal tersebut maka kegiatan kompetensi pedagogik apa saja yang dilakukan guru PAI dalam mengelola pembelajaran kelas VII C SMP Negeri 1 Turen. Yang menjadi permasalah penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru pai di SMP Negeri 1 Turen, bagaimana implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi akidah akhlak siswa SMP Negeri 1 Turen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaiman kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan pemahaman materi akidah akhlak siswa SMP Negeri 1 Turen, serta bagaimana implementasi dan upaya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Penelitian ini merupakan penelitia kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 1 Turen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Guru PAI kelas VII C di SMP negeri 1 Turen sudah bisa dikatakan kompeten dalam hal pengelolaan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam hal a. Pemahaman peserta didik, dibuktikan dengan pemahaman terhadap siswa mana yang pandai dan kurang pandai. Dengan membaginya dalam suatu kelompok, jadi setiap satu kelompok ada 1 atau 2 orang siswa yang pandai, dan 1 atau 2 siswa yang aktif. Sehingga tidak ada kelompok yang pasif, dan semuanya bisa mengikuti pelajaran dengan baik. b. Perencanaan Pembelajaran, dengan pembuatan RPP dan silabus yang dilakukan di awal tahun pelajaran baru, jadi mulai awal guru sudah siap untuk melakukan pembelajaran kepada anak didiknya. c. Pelaksanaan Pembelajaran, dibuktikan dengan proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan siswa dapat aktif mengikuti pelajaran dengan diadakannya system Tanya jawab atau kuis, d. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan penggunaan media power point dalam menjelaskan materi. e. Evaluasi hasil belajar, dibuktikan dengan diadakannya evaluasi baik itu yang berupa ulangan harian, ujian blok, ujian akhir semester, maupun yang bersifat kuis, f. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, dubuktikan dengan pengarahan-pengarahan siswa terhadap bidangan ekstra apa yang sesuai dengan kemampuan serta pembagian kelas sesuai dengan tingkat kemampuan masing- masing siswa. 2). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Akidah Akhlak Siswa SMP Negeri 1 Turen dengan cara kegiatan pembelajaran yang bersifat intern dan ekstern. a.ekstern dengan cara pembelajaran sehari hari dikelas dengan menggunakan media dan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan yang didukung dengan penggunaan LCD. b. ekstern dengan diadakannya buku pegangan bagi siswa yang berisi kegiatan sehari-hari dirumah yang mendukung peningkatan iman dan akhlak siswa. 3). dengan cara melakukan pembiasaan perbuatan baik seperti membiasakan siswa untuk memulai dan mengakihiri pelajarn dengan berdo`a, selain itu juga membiasakan untuk mengucap salam dan berjabat tangan ketika bertemu dengan guru, selain itu juga pembiasaan kotak amal (Sodaqoh) setiap hari juma`at, selain itu sholat dhuhur berjama`ah dan sholat Jum`at berjama`ah.
ABSTRACT
In the era of globalization is needed human resources (HR) of faith, devoted to God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent, and become citizens of a democratic and responsible. HR such as that generated by the institution of school. And the success of education prescribed several components such as teachers, curriculum, students, as well as infrastructure and environment. Teachers merupkan components that determine the quality of education and also as one figure who could change the mindset and behavior of a child by way of learning. But in fact today there are still many problems faced in the learning process in terms of morality of the students along with the development progress of science and technology as a moral crisis / moral decadence, brawl between students and the increasing usage of visible narkobamulai stealing his friend's actions, lied to his teacher and other forth. Therefore it is necessary embedded habits early on children to be polite and always do things other praiseworthy. From this perspective it is clear that the science of morals is very important because it can guide students to discover their world in extending his talents to sublimatif and constructive action.
Departure from these two activities of any pedagogical competence of teachers in managing learning PAI VII class C SMP Negeri 1 Turen. The problem this research is how teachers 'pedagogical competence pie in SMP Negeri 1 Turen, how the implementation of teachers' pedagogical competence of teachers in the PAI and efforts to increase understanding of moral theology student materials SMP Negeri 1 Turen. This study aims to describe and analyze how the pedagogical competence of teachers in improving the understanding of the material PAI moral theology student SMP Negeri 1 Turen, and how the implementation and efforts to increase students' understanding of the material. The results of this study are expected to be used as input to continue to improve teachers' pedagogical competence. This research is a qualitative empirically, by taking a background of SMP Negeri 1 Turen.
Data was collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis was performed with data reduction, triangulation, and conclusion.
The research shows that: 1) Teachers PAI class in Junior High School VII C 1 Turen have said competent in managing learning, this is evidenced by the ability of teachers in terms of a. Understanding the learner, evidenced by an understanding of where students are clever and less clever. With a share in a group, so any one group is 1 or 2 people who are good students, and 1 or 2 students who are active. So that no group is passive, and all can follow the lesson well. b. Learning Plan, with the manufacture and syllabus RPP conducted at the beginning of a new school year, so start early teachers were ready to make the learning to their students. c. Implementation of Learning, as evidenced by the learning process went smoothly and the students can actively follow the lesson with the holding system or a quiz question and answer, d. Use of Learning Technologies, this is evidenced by the use of media power point in explaining the material. e. Evaluation of learning outcomes, evidenced by the holding of the evaluation either in the form of daily tests, test blocks, end of semester exams, as well as the nature quiz, f. Development of Learners to actualize different potentials, dubuktikan with student directions on what extra tract in accordance with ability and class divisions according to ability level of each student. 2). Implementation of Pedagogy Teacher Competencies PAI In Improving Student Understanding of Materials Aqeedah Morals SMP Negeri 1 Turen a way of learning activities that are internal and external. a.ekstern learning day by day in class by using media and methods appropriate to the material being taught is supported by the use of the LCD. b. externally by the holding of the student handbook which contains the daily activities at home that support the increase of faith and morals of students. 3). habituation by doing good deeds such as familiarize students to initiate and mengakihiri pelajarn with berdo `a, while also getting used to say hello and shake hands when meeting with teachers, while also conditioning charity box (Sodaqoh) every day Juma`at, other than It dhuhur berjama `ah and Friday prayers berjama` ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Materi Akidah Akhlak; Pedagogical Competence; Materials In Improving Student Moral Creed | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41851 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |