Elvitri, Luluk Nike (2011) Peran komite sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan tugas bagi semua komponen yang ada di sekolah. Hal ini akan dapat dilaksanakan jika sekolah memiliki sikap dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya yaitu mengupayakan peningkatan mutu pendidikan dan sekolah diberikan kepercayaan untuk mengatur dan mengurus dirinya sendiri sesuai dengan kondisi lingkungannya dan kebutuhan peserta didiknya. Keterlibatan masyarakat terhadap pendidikan terwadahi dalam organisasi Komite Sekolah yang dibentuk oleh setiap satuan pendidikan. Organisasi ini bertujuan agar aspirasi dan prakarsa masyarakat tersalurkan, tanggung jawab, peran masyarakat dan suasana transparan, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan pendidikan benar-benar terwujud. Agar tujuan tersebut tidak sekedar menjadi slogan belaka, maka diperlukan strategi agar peran yang dimiliki oleh Komite Sekolah bisa optimal dan dapat melahirkan kontribusi bagi pendidikan sehingga mutu pendidikan semakin meningkat.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat dirumuskan suatu rumusan masalah, Pertama Bagaimana Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi. Kedua Bagaimana Peran Komite Sekolah dalam Upaya peningkatan mutu pendidikan SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi.
Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian pertama peneliti menunjukkan bahwa di sekolah SMA Al- Rifa’ie Gondanglegi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat diuraikan sebagai berikut: Sistem seleksi siswi baru, Sistem Seleksi Tenaga Pengajar, Sistem Seleksi Staf/Karyawan, Fasilitas pembelajaran, Kurikulum dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Pengembangan minat dan bakat siswa, Pendanaan secara internal dan eksternal. Kedua peran Komite Sekolah yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengontrol (controlling agency) dan mediator sudah dilaksanakan tapi masih belum maksimal, ini didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap situasi dan kondisi serta realitas yang ada di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi.
ABSTRACT
The effort of increasing the quality of education is the duty of the whole components in the school. The aim will be realized if the commitee has dinamic and creative attitude in cindacting his/her duty, for instance, the comitte has been believed in managing and keeping the quality based on the environment condition and student’s need. The involvement of society to the Education is included in the school. Comitte organisasion which is formed by every education institusion. The aim of the organisasion is to contribute the society’s aspiration, responsibility and participation, more ever, transparant situation, accovatable and the Democracy of the education can be realized. It is essential that the comittee of school need brilliant strategy in order to give her/his contribution to a developing education.
Based on the explanation above, it can be formulated as Reseach problem, first, how is the effort of SMA Al-Rifa’ie Gondaglegi increasing the quality of education, second, how is the participation of comittee’s school increasing the quality of the education in SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi.
This research uses discriptive qualitative, the researcher conducted observation, interview, documentation in collecting Data, more ever in analizing, the researcher also uses the descriptive qualitative in the written and oral form. The data are observed in order to get the truth condition.
The result of the first research shows that SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi uses the following steps in increasing the quality of the education: they are the system of selecting new students, teaching staff, learning facility, making curriculum and teaching and learning activity. The developing of students’ interest and talent , internal and external financing. The result of the second result, the participation of the comittee’s school is as advisory agency, supporting agency, controlling agency and mediator have been conducted but they do not run maxcimally, it is based on the researcher’s observation to the situation, condition, and reality in SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komite Sekolah; Mutu Pendidikan; School Comittee’s; Quality of Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41850 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |