Latif, Isnawati Nur Afifah (2011) Pengaruh nilai akademis Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan agama pada siswa program akselerasi di SMA Negeri 1 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pada prinsipnya, Pendidikan Agama Islam membekali siswa agar mampu memiliki pengetahuan lengkap tentang hukum Islam dan mampu mengaplikasikannya dalam bentuk ibadah kepada Allah. Dengan demikian, siswa dapat melaksanakan ritual-ritual ibadah yang benar menurut ajaran Islam sesuai dengan ibadah yang dipraktekkan dan diajarkan Rasulullah SAW. Hal tersebut juga termuat dalam salah satu tujuan pendidikan agama Islam di SMA/MA yaitu menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengamalan peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh antara nilai akademis Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan agama pada siswa program akselerasi di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik inferensial. Statistik inferensial adalah statistik yang berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang bersifat umum dari data yang disusun dan diolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui pengamalan agama siswa. Selain itu untuk mengetahui perolehan nilai akademis Pendidikan Agama Islam siswa, penelitian ini menggunakan instrumen dokumen dari nilai ulangan siswa. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian mengenai perolehan nilai akademis Pendidikan Agama Islam menunjukkan bahwa siswa program akselerasi yang dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang belum dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu sebanyak 72,5%. Sedangkan hasil penelitian mengenai pengamalan agama menunjukkan sebanyak 2,5 % berada pada kriteria sangat baik, 80% pada kriteria baik, dan 17,5% pada kriteria cukup dalam pengamalan agamanya. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dari nilai akademis terhadap pengamalan agama yang ditunjukkan dengan thitung = 0,55.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu nilai akademis Pendidikan Agama Islam pada siswa program akselerasi di SMA Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2010/2011 secara umum dapat dinyatakan sangat baik. Pengamalan agama pada siswa program akselerasi di SMA Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2010/2011 secara umum dapat dinyatakan pada kriteria baik. Tidak terdapatnya pengaruh antara nilai akademis terhadap pengamalan agama pada siswa program akselerasi berarti dapat pula disimpulkan dengan tingginya perolehan nilai akademis tidak bisa menjadi ukuran tingginya pengamalan agama pada siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan, gambaran, serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
ABSTRACT
Principally, Islamic education is to provide students to be able to have complete knowledge of Islamic law and able to apply. It is the form of worship to God. Thus, students can do the rituals of worship is right according to Islamic teaching in accordance with the worship that is practiced and taught the Prophet Muhammad. It is also contained in one of the goals of Islamic religious education in high school/MA is to develop the faith through giving, fertilization, and development of knowledge, appreciation, experience, habituation, and the practice of students about Islam so that a Muslim man who continues to develop faith and piety Allah SWT.
The purpose of this study was to describe the influence of Islamic Religious Education academic value of students' religious practice in an accelerated program in SMA Negeri 1 Malang. This study is a quantitative research used inferential statistics approach. Inferential statistics are statistics relating to the withdrawal of the general conclusions from the data compiled and processed. The instrument used in this study is a questionnaire, a questionnaire used to determine students' religious practice. In addition to knowing the acquisition of academic performance of students of Islamic Religious Education, this study uses the instrument of documents from students' test scores. While the analysis used in this study is a simple linear regression analysis.
The results of academic research on the acquisition value of the Islamic Religious Education shows that students can achieve an accelerated program that KKM has been established by the school .more than students who have not been able to achieve KKM has been established by the school as many as 72.5%. While the results of research on the practice of religion shows as much as 2.5% is in very good criterion, 80% in both criteria, and 17.5% on a criterion sufficient in the practice of his religion. Simple linear regression results show that there is no influence from the academic to the practice of religion is shown by t count = 0.55.
The conclusion of this research is the academic value to students of Islamic Education acceleration program in SMA Negeri 1 Malang 2010/2011 school year in general can be expressed very well. Practice of religion in students an accelerated program in SMA Negeri 1 Malang 2010/2011 school year can generally be expressed in either criterion. Absence of influence between academic values against the practice of religion in students an accelerated program means it can also be concluded with the acquisition of high academic value cannot be a high measure of religious practice in students. From the results of this study are expected to give their input, the picture, as well as useful information in order to improve the quality of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Akademis Pendidikan Agama Islam; Pengamalan Agama; Islamic religious Education in Academic Values; religious practice | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41849 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |