Nawawi, Uuz Chafidz (2011) Penerapan metode Jibril untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur`An pada mata pelajaran Aspek Al-Qur`An Pendidikan Agama Islam Kelas X-3 SMAN 1 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110230.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Belajar Al-Qur`an sungguh penting sehingga Nabi Muhammad SAW menjanjikan pahala yang istimewa bagi umat Islam yang mau belajar membaca Al-Qur`an baik yang sudah mahir maupun yang masih belum lancar membaca Al-Qur`an. Problem dasar adalah membaca Al- Qur`an yang dirasa masih perlu ada perbaikan yang harus dilakukan oleh para pendidik agar kompetensi dasar membaca Al-Qur`an dengan fasih dan tartil dan tercapai dengan maksimal. Fakta pembelajaran yang terjadi di lembaga pendidikan menunjukkan bahwa selama ini pembelajaran Al-Qur’an belum menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah Metode Jibril adalah talqin-taqlid (menirukan) yaitu santri menirukan bacaan gurunya. Dengan demikian, Metode Jibril bersifat teacher centris dimana posisi guru sebagai sumber belajar atau pusat informasi dalam proses pembelajaran.Selain itu praktek malaikat Jibril dalam membacakan ayat kepada Nabi Muhammad SAW adalah dengan tartil (berdasarkan tajwid yang baik dan benar). Tujuan dari penelitian ini Mendeskripsikan penerapan pembelajaran Metode Jibril dalam pembelajaran aspek Al-Qur`an pendidikan agama Islam di kelas X-3 SMAN 1 kepanjen dan Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan Metode Jibril dalam pembelajaran Al-Qur`an dalam Pendidikan Agama Islam
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) tahapan penelitian berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik observasi,wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis adalah dengan menggunakan Metode Jibril dapat meningkatkan kemampuan baca Al-Qur`an siswa kelas X-3 SMAN 1 Kepanjen. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I meningkat 33%, siklus II mengalami peningkatan 46% dan siklus III hasil belajar meningkat menjadi 73% ini menunjukkan di tiap siklus nya mengalami kenaikan. Kelebihan dari Metode Jibril ini adalah metode ini dapat diterapkan untuk semua kalangan baik di tingkat anak-anak, pemuda, dewasa maupun kalangan orang tua. Kekurangan pada Metode Jibril tidak ada kesamaan dan misi di antara para guru sementara itu, mitra guru yang lain tidak memahami Metode Jibril atau tidak sependapat dengan Metode Jibril.
ABSTRACT
Learning Al-Qur `an really important so that the Prophet Muhammad promised a special reward for Muslims who want to learn to read Al-Qur `an already well advanced and which is still not easy to read Al-Qur` an. Basic problem is to read Al-Qur `an that it is still necessary to have repairs to be done by educators for basic competence to read Al-Qur` an eloquent and Tartil and reached the maximum. The fact that learning occurs in educational institutions shows that during this learning the Quran has not shown significant success. The method chosen in this study is the method of Gabriel is talqin-taqlid (imitation) which students simulate the reading teacher. Thus, Gabriel Method is teacher centric where the position of teachers as a learning resource or information center in the process that pembelajaran.Selain practices in the angel Gabriel recited the verse to the Prophet Muhammad SAW is by Tartil (based on good and proper Tajweed). The purpose of this study describe the application of learning methods in learning aspect Jibril Al-Qur `an Islamic religious education in the class X-3 SMAN 1 Kepanjen and Methods Describe the advantages and disadvantages in learning Jibril Al-Qur`an in the Islamic Religious Education.
This type of research is action research class (classroom action research) stages of the research is a cycle that includes planning, implementation, observation and reflection. Research data collection is done by using the techniques of observation, interview and documentation. Research approach is qualitative and quantitative descriptive.
Results from studies that have done the writer is using the Gabriel method can increase the readability of Al-Qur `an X-3 grade students of SMAN 1 Kepanjen. This can be seen from the increase learning outcomes in the first cycle increased 33%, cycle II has increased 46% and cycle III study results increased to 73% this shows in his every cycle has increased. The advantages of this method is Jibril this method can be applied to all circles both at the level of children, youth, adults and the elderly. Lack of Gabriel Method and mission there is no similarity between the teachers in the meantime, the other partner does not understand the teachers' methods do not agree with Gabriel or Gabriel Method.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Jibril; Kemampuan Baca Al-Qur`an; Method of Gabriel; the ability to read Al-Qur `an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |