Sama’, Khozeinus (2011) Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Paikem) mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi siswa kelas VIII D di MTs Negeri Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110229.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran konvensional yang banyak digunakan oleh guru mata pelajaran fiqih selama ini cenderung monoton dan tekstualsehingga siswa kehilangan motivasi belajarnya. Atas dasar itu, perlu dicarikan alternatif-alternatif baru dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) yang dirasa lebih tepat untuk mengatsi problema yang ada selama ini.
Berangkat dari uraian di atas, penulis mencoba untuk meneliti Model PAIKEM sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan rumusan sebagai berikut: 1. Bagaimana model pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran Fiqih? 2. Bagaimana motivasi siswa kelas VIII D di MTSN Lawang setelah diterapkannya Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)?
Berdasarkan paparan di atas, penelitian yang penulislakukaninitermasukdalampenelitiankualitatifdenganjenispenelitianadalah menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan model yang dikembangkan oleh Elliot. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan deskriptif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa diskriptif kuantitatif.
Hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa Model (PAIKEM terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII D pada mata pelajaran Fiqih di MTSN Lawang. Indikator peningkatannya ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Model PAIKEM yang optimal pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar adalah dengan setting kelas yang bervariatif dan menggunakan metode yang bervariasi.
Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah (1) Lembaga pendidikan yang berwenang diharapkan dapat merealisasikan Model PAIKEM karena dari hasil penelitian Model PAIKEM terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (2) Tenaga pengajar hendaknya dapat mengimplementasikan Model PAIKEM pada kegiatan belajar mengajar dengan setting kelas yang cocok sesuai materi yang dibahas serta menggunakan metode yang bervariasi serta penggunaan modul sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran.
ABSTRACT
Conventional learning is widely used by subject teachers during this jurisprudence tekstualsehingga students tend to be monotonous and lose the motivation of learning.
On that basis, need to look for new alternatives in study subjects Fiqh. One alternative to learning to enhance students' motivation is to model Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) were deemed more appropriate to overcome the existing problems so far. Departing from the above description, the author tries to examine the Model PAIKEM as an alternative learning with the following formula: 1. How the model approaches Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) in Fiqh learning? 2. How to motivate students in class VIII D MTSN Lawang after applying Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM)?
Based on the above explanation, the research conducted by the author is included in the qualitative research with this type of research is to use the design of classroom action research (Classroom action research) with a model developed by Elliot. Technique of data collecting is done by using observation, interview and documentation. Qualitative data were analyzed with descriptive and qualitative, while quantitative data were analyzed by quantitative descriptive analysis. The result of observation and empirical data in the field showed that the model (PAIKEM proven to increase student motivation eighth grade D on Fiqh subjects in MTSN Lawang. Indicators marked improvement with increased motivation to learn from cycle to cycle. PAIKEM the optimal model on the subjects of Fiqh increase motivation to learn is with a varied class settings and using varied methods.
Suggestions that can be delivered researchers are (1) an authorized institution is expected to realize the model because of the research PAIKEM PAIKEM model is proven to increase student motivation (2) Teachers should be able to implement the Model PAIKEM on teaching and learning activities with appropriate classroom setting in accordance material covered and using varying methods and the use of modules that can enhance student motivation in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | PAIKEM; Fiqih; Motivasi Belajar; Fiqh; Motivation Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41844 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |