Mutammima, Dian (2011) Pengaruh motivasi belajar dan rasa keberhasilan (efikasi diri) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa MA Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani di Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kesuksesan akademik seorang siswa di sekolah banyak diyakini karena pengaruh dari kemampuan kognitif mereka. Yaitu siswa-siswa yang memiliki potensi intelektual yang besar akan memperoleh sukses yang lebih besar dibanding mereka yang memiliki kemampuan lebih rendah. Akan tetapi, adanya korelasi antara IQ dan prestasi khususnya, hanya dalam ruang lingkup moderat, layak untuk ditekankan bahwa potensi kognitif tidak akan selalu memperoleh sukses. Sebagaimana diketahui terdapat individu-individu yang memiliki bakat intelektual, tetapi tidak memiliki kinerja yang baik, bahkan banyak siswa yang memiliki kemampuan lebih rendah dibanding mereka, terbukti mempunyai kinerja di atas mereka. Meskipun banyak variabel-variabel yang berinteraksi memperoleh fenomena ini, penulis mempertimbangkan peran persepsi-persepsi motivasi belajar dan efikasi diri dapat menentukan seberapa baik kinerja siswa di bidang akademik.
Berdasarkan pada latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan rasa keberhasilan terhadap prestasi belajar PAI siswa MA Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani di Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis inferensial menggunakan regresi berganda. Untuk pengambilan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi dan angket serta wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Madrasah Aliyah Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani yang terdaftar pada tahun 2010/2011. Sampel penelitiannya adalah 25% siswa/siswi MA Syeikh Abdul Qodir dari kelas 1 hingga kelas 3 dengan menggunakan metode proportunite stratified random sampling.
Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh yang positif motivasi belajar dengan prestasi belajar PAI dengan melihat hasil hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14,263 > 2,000 dengan signifikansi 0,000. Begitu juga dengan rasa keberhasilan menunjukkan bahwasanya adanya pengaruh positif terhadap prestasi belajar PAI dengan melihat hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,902> 2,000 dengan signifikansi 0,000. Pada hasil analisa uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung = 165,878. Untuk Ftabel dengan taraf signifikansi sebesar 5%, diperoleh nilai Ftabel = 3,18. Perbandingan keduanya memberikan hasil: Fhitung > Ftabel. Dengan demikian, semakin baik motivasi belajar dan efikasi diri yang dimiliki siswa, maka akan semakin baik pula prestasi yang akan diperolehnya.
ABSTRACT
An academic successful of students in the school, many people believed because the influence of cognitive capabilities. Students who have a good intellectual quotient will be more successful than less qualified students will. However, the correlation between IQ and the accomplishments is only in particular scope, it is important to note that the potential cognitive not always gets success. As we know that, there are many people who have intellectual talent, but do not have a good performance, including many students who have less capacity than they have, have demonstrated their performance along. Despite the many variables that interact to obtain this phenomenon, the authors consider the role of perceptions of the motivation to learn and self-efficacy can determine how good students in academic performance.
Accordingly, this study aims to determine how far the impact of learning motivation and self-efficacy of student to their learning achievement in Islamic Education Lesson (PAI) at MA Sheikh Abdul Qadir al-Jilani, Kraksaan Kab. Probolinggo.
The research design used in this research is descriptive quantitative studies with inferential analysis with multiple regressions. For data collection, the researcher used the method of documentation and questionnaires and interviews. The population in this study was students of Madrasah Aliyah Sheikh Abdul Qadir al-Gilani who registered in 2010/2011. The sample was 25% of students of MA Sheikh Abdul Qadir. They are students from grade 1 to grade 3. The researcher used proportunite stratified random sampling.
Based on the analysis of the study, the researcher obtained results that the positive affect of learning motivation and academic achievement of students in Islamic education class by looking at the results that tcount greater than ttable namely 14.263> 2000 with a significance of 0.000. So also with a sense of achievement (self-efficacy) which shows the existence of a positive influence on Islamic education achievement by looking at existing research results where the result is tcount greater than ttable namely 5.902> 2.000 with a significance of 0.000. based on the analysis the hypothesis test obtained by value Fcount = 165.878. And Ftable with a significance level of 5%, the value Ftable = 3:18. Comparison of them gives the result: Fcount> Ftable. Thus, better the learning motivation and self-efficacy students held, the better the performance will be obtained.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Rasa Keberhasilan (Efikasi Diri); Prestasi Belajar; Motivation; Sense of achievement (Self-Efficacy); Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41843 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |