Ismawati, Lilis (2011) Strategi penanaman nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlak di Sekolah Dasar Negeri 1 Pupus Ngebel. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110225.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan zaman yang semakin modern, terutama pada masa globalisasi seperti saat ini menambah kekhawatiran terhadap masalah akhlak bangsa. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai agama menjadi hal yang sangat penting karena menjadi dasar dan pegangan siswa dalam menghadapi perkembangan zaman yang banyak membawa pengaruh negatif sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Strategi penanaman nilai-nilai keagamaan yang tepat dapat akan mempengaruhi kualitas akhlak pada siswa. Akhlak merupakan aspek penting dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, pembinaan akhlak memerlukan strategi yang efektif dalam pelaksanaannya, dengan tujuan agar siswa tertarik pada materi yang disampaikan dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Pada usia sekolah dasar pembinaan akhlak lebih mudah ditanamkan dibanding pada usia dewasa. Hal ini karena usia sekolah merupakan usia yang tepat untuk pengisian jiwa anak. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul Strategi Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pupus Ngebel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru mata pelajaran agama terhadap siswa, untuk mengetahui efektivitas strategi yang digunakan dalam pembinaan akhlak dan kendala yang dihadapi guru agama Islam dalam penerapan strategi di SDN 1 Pupus Ngebel.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian yang penulis lakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Pupus Ngebel dapat disampaikan bahwa strategi yang dilakukan guru agama dalam menanamkan nilai-nilai agama terhadap siswanya berupa segala upaya yang berkaitan dalam pengembangan akhlak. Baik dilakukan di dalam maupun di luar kelas dengan berbagaimacam strategi dan metode yang dianggap efektif untuk pembinaan akhlak pada siswa. Sedangkan kendala yang dihadapi merupakan kendala dari faktor intern dan ekstern. Terutama sarana dan prasarana yang belum memadai untuk proses pembelajaran yang optimal.
ABSTRACT
The development of an increasingly modern era, especially in times of globalization adds to concerns about the nation's moral problems. Therefore, the cultivation of religious values become very important because the basis and handle students in the face of the times that bring much negative impact as a result of developments in science and technology.
Investment strategy that values religious right can affect the quality of students' morals. Morals are important aspects of societal life. Therefore, the fostering morality requires an effective strategy in the implementation, with the goal of keeping students interested in the material presented and can apply in everyday life.
At primary school age moral guidance more easily implanted than in adulthood. This is because the school age is the right age for charging soul of the child. Departing from the author's background and then want to discuss it in a thesis by taking the title of Investment Strategy As a Religious Values Morals Development Efforts In Public Elementary School 1 Ngebel vanished.
This study aims to determine the strategy adopted teacher against student religious subjects, to examine the effectiveness of strategies used in coaching character and constraints faced by the Islamic religious teachers in the implementation of the strategy at SDN 1 Ngebel vanished.
This study includes a qualitative descriptive study. Collecting data of this study was done by using observation, interviews, and documentation. While in his analysis the author uses descriptive qualitative analysis techniques, namely the form data is written or verbal behavior of people and observed that in this case the author seeks to undertake research which describes the overall nature of the real situation.
The results of research by the author in the Elementary School a dashed Ngebel can be said that the strategy that the teacher of religion in instilling religious values to students of all efforts related to the development of morality. Whether performed inside or outside the classroom with various strategies and methods that are considered effective for students' moral development. While the obstacles facing a constraint of internal and external factors. Especially infrastructure inadequate for optimal learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pembinaan Akhlak; learning strategies; foster morality | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41839 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |