Yusuf, Mukhammad Fakhrudin (2011) Pemikiran pendidikan Islam menurut Sunan Kalijaga. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan yang penting dalam kehidupan ini, semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia adalah merupakan proses pendidikan, dalam pembahasan ini akan lebih dispesifikkan pada pendidikan Islam, seperti kita ketahui sekarang ini kemerosotan moral terjadi dimana-mana, kalangan pelajar pun juga sepertinya sudah biasa melakukan tindakan-tindakan yang tidak bermoral seperti tawuran antar pelajar sampai pada terlibat dengan masalah narkoba. Hal ini sebenarnya sudah dapat diramalkan oleh para praktisi pendidikan, karena pendidikan yang ada pada saat ini lebih banyak menekankan para peserta didiknya pada kemampuan kognitifnya saja tanpa dibarengi dengan kemampuan dalam bidang afektifnya, maka di sini akan ditelaah kembali tentang pendidikan Islam, yang dalam hal ini nantinya akan diketahui sebenarnya Pendidikan Islam yang bagaimanakah yang setidaknya dapat membuat peserta didik kembali pada fitrahnya yakni sebagai khalifah di muka bumi ini. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Sunan Kalijaga.
Berangkat dari itulah penulis kemudian ingin membahas kembali pemikiran tokoh dan intelektual muslim Indonesia yang mencoba untuk merumuskan pendidikan Islam yang sesuai dengan haparan agama, bangsa dan Negara, seperti Sunan Kalijaga. Dengan harapan, Pendidikan yang telah beliau ajarkan dan diwariskan kepada bangsa Indonesia mampu menginspirasikan elemen pelaksana pendidikan dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam agar kemudian pendidikan Islam mampu menjawab tantangan globalisasi dengan tetap mendasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah konsep pendidikan menurut Sunan Kalijaga, serta kontribusi Sunan Kalijaga dalam bidang pendidikan. Dari fokus masalah yang sudah disebutkan tadi, penulis mengambil langkag untuk kemudian menganalisis atau menelitinya dengan tujan mampu mengetahui, memahami, dan mampu mengambil kesimpulan dari pemikiran pendidikan Islam Sunan Kalijaga, sehingga hasil dari telaah tersebut mampu dijadikan kontribusi dalam terselenggaranya dan berkembangnya pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis library research. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dalam rangka mencari sumber dan data yang menunjang dalam penulisan ini. Kemudian dari dokumentasi tersebut dianalisis dengan menggunakan metode content analysis dan interpretasi sumber dan data yang didapat.
Hasil dari penelitian yang dilakuakn penulis dapat disampaikan di sini setelah menelaah pemikiran Sunan Kalijaga mengenai pendidikan tidak hanya dinikmati oleh kaum bangsawan, konsep pendidikan yang telah beliau ajarkan mempunyai peranan yang penting bagi seorang calon guru, dan memadukan antara pendidikan dan budaya sebagai solusi mengajarkan pendidikan Islam yang mudah diterima oleh semua kalangan. Pendidikan disesuaikan dengan kondisi masyarakat, dengan cara pendekatan yang sesuai dengan masyarakat.
Kontribusi Sunan Kalijaga terhadap pendidikan Islam di Indonesia sangatlah banyak. Dengan pemikirannya terhadap akulturasi pendidikan dan budayanya. Dan sampai sekarang budaya tersebut masih dilestarikan oleh masyarakat.
ABSTRACT
Education play role that important in this life, all activity done by human being represent education process. Under consideration this will be more be specific at education of Islam, as we know this time decline of moral happened everywhere. Student likely have ordinary do dissolute actions like tawuran (fighting) between students involve with problem of narkoba (drugs). This matter in fact have been forecasted by all education practitioner, because education exist in this time more emphasizing student at just cognate ability without made balance to ably in the field of its affective, hence here will be analyzed again about education of Islam, what in this case later will know by education of Islam in fact, how student can return as khalifah on this earth. Leaving from background this is writer then wish to discuss in thesis and take title idea of education of Islam according to Sunan Kalijaga.
From this problems writer then wish to study again idea of figure and is intellectual of Moslem of Indonesia that trying to formulate education of Islam that matching with religion expectation, state and nation, like Sunan Kalijaga. On the chance of, education of which have him teach and bequeath to nation of Indonesia able to inspiration element of executor of education in order to developing education of Islam so that then education of Islam can answer globalization challenge with stay rely on teaching values of Islam.
Focus of internal issue at this researchis education concept according to sunan Kalijaga, and also contribution of Sunan Kalijaga in the field of education. From focus of is problem of which have been referred as is mentioned, writer do take action to then to analyze and check with a purpose to can know, comprehending, and can take conclusion of idea of Islam education of Sunan Kalijaga, so that result of from the study can be made by contribution in management and growth of education of Islam. This research use approach of descriptive qualitative with type of library research. While data collecting method is use documentation method in order to searching data and source which supporting in this writing. Then from the documentation analyzed by using method of content analysis and interpretation of is source of and got data.
Research result that is done by writer can be submitted here after analyzing idea of Sunan Kalijaga concerning education that does not only enjoyed by noblesse. Concept of education which have been him teach have role which necessary for a candidate teacher and fuse among culture and education as solution teach education of Islam which is easy to be accepted by all society. Education adapted for by the condition of society, by approach matching with society.
Contribution of Sunan Kalijaga to education of Islam in Indonesia is plenty. With is it Idea to education acculturation and its culture. And hitherto the culture still preserve by society.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Sunan Kalijaga; Education of Islam; Sunan Kalijaga | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41833 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |