Islamiyah, Dini Afdiyatul (2011) Peranan Tarbiyah Ulul Albab dalam pembinaan kecerdasan emosional pada mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester II di UIN Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam praktek pendidikan di Indonesia, orang lebih banyak menghargai kecerdasan intelektual dari pada bentuk kecerdasan yang lain, padahal seperti yang dikemukakan oleh Gartner (1993) manusia memiliki 7 atau 8 jenis kecerdasan bahkan jenis kecerdasan ini kemungkinan akan bertambah lagi dengan adanya temuan-temuan baru dalam bidang pengetahuan, karena itulah maka setiap institusi pendidikan manapun di harapkan lebih mengapresiasi dan mempertimbangkan jenis kecerdasan selain intelektual sehingga ajaran Islam yang mengharapkan ummatnya untuk cerdas dalam berbagai bidang dapat terwujud.
Dalam hal ini Universitas Islam Negeri Maulana Malaik ibrahim malang mencoba menawarkan konsep pendidikan ulul albab, dimana di dalam konsep pendidikan tersebut mencoba mengembangkan seluruh kecerdasan yang ada dalam diri manusia, dimna dalam pendidikan ulul albab di harapkan mampu membentuk manusia yang mengedepankan dzikir, fikir, dan amal sholeh sehingga mampu mewujudkan ajaran islam yang mengaharapkan ummatnya cerdasa dalam berbagai bidang. Dari latar belakang itulah penulis kemudian inigin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul peran Tarbiyah Ulul Albab dalam pembinaan kecerdasan emosional mahasiswa PAI.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk pendekatan penelitian kualitatif jenis fenomenologi, mencoba menjabarkan fenomena-fenomena sosial yang ada dilapangan. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis melalui tiga tahap analisis yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan dua teknik yaitu ketekunan pengamat dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasanya, peranan Tarbiyah dalam pembinaan kecerdasan Emosional, yang meliputi pelaksanaan tarbiyah ulul albab dilaksanakan sesuia dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh lembaga pengembangan kajian tarbiyah ulul albab. Sedangkan kecerdasan emosional mahasiswa meliputi; 1) Kesadran diri meliputi mengendalikan emosi, 2) Pengaturan diri meliputi, (a)meninggalkan sifat tak terpuji, (b)Teguh memegang amanat (bertanggung jawab), (c)Tidak merusak perjanjian, 3) Motivasi, meliputi; (a) optimis, (b) ulet, 4) Empati meliputi; (a) sikap empati, (b) simpati terhadap peringatan Allah, 5) Keterampilan sosial meliputi; (a)cinta kehidupan, (b) Menghormati hak sesama, (b)Etika berinteraksi dan berkomunikasi. Peranan tarbiyah ulul albab dalam pembinaan kecerdasan emosional mahasiswa yaitu, berperan dalam mengembangkan potensi fitrah yang ada dilim diri setiap peserta didik (mahasiswa) sehingga mampu membina kecerdasan emosionalnya dengan baik dan bentuk kecerdasan lainnya. Sedangkan Bentuk upaya pembinaan kecerdasan emosional mahasiswa yang dilakukan oleh ma’had dan dosen dapat diperoleh dari hasil penelitian yaitu, A) upaya pembinaan kecerdasan emosional yang dilakuakn oleh ma’had antara lain; 1)Belajar membuka diri dan belajar berkomunikasi. Bentuk pembinaannya dengan (a) ta’lim qur’an, ta’lim afkar, (b) peringatan acara-acara PHBI serta lomba-lomba. 2) Belajar mengembangkan tanggung jawab pribadi, bentuk pembinaannya (a)solat berjama’ah. 3) Mempelajari dinamika kelompok, bentuk pembinaannya dengan outbond. B) upaya pembinaan yang dilakukan oleh dosen 1) istito’ah, 2) al-udwah, 3) uswah, Dari hasil penelitian tersebut, kalaupun masih ada alternative lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.
ABSTRACT
In the practice of education in Indonesia, people appreciate more intellectual than other forms of intelligence, but as proposed by Gartner (1993) humans have 7 or 8 types of intelligence even this type of intelligence is likely to increase again with the new findings in field of knowledge, because that then any educational institution anywhere in expecting more appreciate and consider the type of intelligence other than that the teachings of Islam intellectual who expect their communities to intelligently in various fields can be realized.
In this case the State Islamic University Maulana Malaik ibrahim poor tried to offer educational concept Ulul albab, where in the concept of education is trying to develop all the intelligences that exist in man, dimna in albab Ulul education in the hope that puts human beings capable of forming a dhikr, he thought, and pious deeds so as to realize the teachings of Islam who expect cerdasa his community in various fields. From that background inigin authors then discuss it in the paper and took the title role of Tarbiyah Ulul Albab in coaching emotional intelligence of students PAI.
Research conducted by the author is including type phenomenological approach to qualitative research, trying to describe the social phenomena that exist in the field. In the course of collecting data, the author uses the method of documentation, interviews and observation. As for analysis, the authors go through three stages of analysis: (1) data reduction (2) presentation of data (3) the withdrawal of conclusions and verification. To check the validity of the data the author uses two techniques namely perseverance observer and triangulation of sources.
Results of research conducted can be submitted here that the writer, the role of MT in coaching emotional intelligence, which includes the implementation of tarbiyah Ulul sesuia albab implemented with the guidelines set by the institution review tarbiyah Ulul albab development. While the emotional intelligence of students include: 1) self Kesadran include controlling emotions, 2) settings myself included, (a) leave no commendable nature, (b) True to hold the mandate (responsible), (c) Not damage the treaty, 3) motivation, include: (a) optimistic, (b) ductile, 4) Empathy include: (a) empathy, (b) sympathy for the commemoration of God, 5) Social skills include: (a) love life, (b) Respect the rights of others, (b) Ethics interact and communicate. Forms of emotional intelligence development efforts undertaken by Ma'had students and faculty can be obtained from the research that is, A) emotional intelligence coaching efforts by Ma'had dilakuakn among others: 1) Learn to open up and learn to communicate. Form of supporting them with (a) the Quran study groups, study groups afkar, (b) warning PHBI events and competitions. 2) Learn to develop personal responsibility, fostering forms of (a) the prayer congregation. 3) Studying the dynamics of the group, the form of supporting them with outbound. B) development efforts conducted by lecturers 1) istito'ah, 2) al-udwah, 3) Uswah, From the results, even if there are other alternatives that may be better than what has been delivered or written in this paper, the it can be used as an input or an additional for this thesis continues to grow and do not stop there.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tarbiyah Ulul albab; dalam pembinaan kecerdasan emosional; the Tarbiyah Ulul albab; in coaching emotional intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41831 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |