Purwanti, Liya Dwi (2011) Upaya guru Aqidah Akhlaq dalam pembinaan Akhlaqul Karimah siswa MAN Malang II di Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110219.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Purwanti, Liya Dwi. 2011. Upaya Guru Aqidah Akhlaq Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah Siswa MAN Malang II di Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Dr. H. Masduki, MA.
Akhlaq sangatlah penting bagi manusia. Pentingnya akhlaq ini tidak saja dirasakan oleh manusia dalam kehidupan perseorangan, tetapi juga dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, bahkan tidak kurang-kurangnya juga dirasakan dalam kehidupan berbangsa, atau bernegara. Salah satu tugas guru (Aqidah Akhlaq) disekolah adalah bagaimana membina dan mendidik siswanya melalui pembelajaran (materi) Aqidah Akhlaq agar dapat membina akhlaq para siswa sehingga dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
Guru Aqidah akhlaq adalah guru yang mengajarkan tentang kepercayaan atau keyakinan serta mengajarkan tentang budi pekerti, etika dan moral. Salah satu tugas guru (Aqidah Akhlaq) disekolah adalah bagaimana membina dan mendidik siswanya melalui pembelajaran (materi) Aqidah Akhlaq agar dapat membina akhlaq para siswa sehingga dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataan dilapangan, usaha-usaha pembinaan akhlaq melalui berbagai lembaga pendidikan dan melalui berbagai macam metode terus dikembangkan. Ini menunjukkan bahwa akhlaq memang perlu dibina, dan pembinaan ini ternyata membawa hasil berupa terbentuknya pribadi- pribadi muslim yang berakhlaq mulia, taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada ibu bapak, sayang kepada sesama makhluk Tuhan dan seterusnya. Sebaliknya keadaan sebaliknya juga menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak dibina akhlaqnya, atau dibiarkan tanpa bimbingan, arahan dan pendidikan, ternyata menjadi anak-anak yang nakal, menganggu masyarakat, melakukan berbagai perbuatan tercela dan seterusnya. Ini menunjukkan bahwa akhlaq memang perlu dibina. Dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah siswa MAN Malang II di Kota Batu.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru aqidah akhlaq dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa MAN Malang II di Kota Batu, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru aqidah akhlaq dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa MAN Malang II di Kota Batu, serta untuk mengetahui solusi terhadap kendala guru aqidah akhlaq dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa MAN Malang II di Kota Batu.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif.Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode interview dan dokumentasi, sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan untuk kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa Dari hasil paparan data di atas, bahwasanya upaya guru akidak akhlaq dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa melalui dua macam kegiatan, yaitu melaui pendidikan di dalam kelas dan melalui kegiatan yang di tetapkan di sekolah. Adapun bentuk kegiatan pendidikan di
dalam kelas adalah keteladanan dan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran. Bentuk kegiatan yang ditentukan sekolah adalah kegiatan sholat dhuha, kegiatan sholat dhuhur,.infaq atau shodaqoh dan life skill. Dalam pembinaan akhlaqul karimah guru aqidah akhlaq juga menemui beberapa kendala diantaranya sebagai berikut: faktor dalam diri siswa, faktor keluarga dan faktor lingkungan (pergaulan). Guru aqidah akhlaq mempunyai solusi terhadap kendala dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa, diantaranya yaitu guru aqidah akhlaq menjalin kerjasama dengan guru lain dan guru aqidah akhlaq menjalin kerjasama dengan orang tua siswa.
ABSTRACT
Purwanti, Liya Dwi. 2011. Efforts Teachers Aqidah Akhlaq In Karimah Student Development Akhlaqul MAN II in Batu Malang. Thesis, Department of Islamic Religious Education, Faculty of MT, State Islamic University (UIN) Malang Maulana Malik Ibrahim. Dr. H. Masduki, MA.
Akhlaq is very important for humans. The importance of morality is not just felt by the human individual, but also in family life and society, not even the less well-perceived lack of national life, or a state. One of the tasks of teachers (Aqidah Akhlaq) in school is how to nurture and educate their students through learning (materials) Aqidah Akhlaq for to nurture students so that morality can be practiced in everyday life.
Aqidah Teachers are teachers who teach the morality of trust or confidence and teach about character, ethics and morals. One of the tasks of teachers (Aqidah Akhlaq) in school is how to nurture and educate their students through learning (materials) Aqidah Akhlaq for to nurture students so that morality can be practiced in everyday life. In fact the field, coaching efforts morality through various educational institutions and through various methods being developed. This implies that morality really need to be fostered, and this guidance was to bring the results of the formation of Muslim individuals who berakhlaq noble, obedient to Allah and His Messenger, respect for father and mother, dear to his fellow creatures of God and so on. Instead the opposite situation also shows that children who are not fostered akhlaqnya, or left without guidance, direction and education, it turns into a naughty child, disrupting the community, perform a variety of moral turpitude and so on. This implies that morality really need to be fostered. From the background of that author and then want to discuss it in the paper and took the title of Master Efforts Aqidah Akhlaq in Building Akhlaqul Karimah students MAN II in Batu Malang.
The purpose of this research is to know Aqeedah morality teacher effort in coaching students akhlaqul karimah MAN II in Batu Malang, to find out the
constraints faced by teachers in coaching akhlaqul aqidah morality karimah students MAN II in Batu Malang, and to find solutions to the constraints of teachers aqeedah morality in coaching students akhlaqul karimah MAN II in Batu Malang.
Research conducted by the author is included in the descriptive study kualitatif.Dalam process of data collection methods the author uses interviews and documentation, while for the analysis, the authors used a qualitative descriptive analysis technique, the research done by describing the data obtained by the words or phrases separated for the category to obtain conclusions.
Results of research conducted authors concluded that exposure From the above data, that the efforts of teachers in guiding moral akidak akhlaqul karimah students via two kinds of activities, namely through education in the classroom and through activities which is set at school. The form of educational activities in the classroom is exemplary and pray before and after lessons. Form of activity that determined the school was Duha prayer activities, events dhuhur,. Infaq or shodaqoh and life skill. In coaching akhlaqul karimah aqidah teacher morality also encountered several problems including the following: factors in self-esteem, family factors and environmental factors (association). Teacher aqidah morality have a solution to the problem in the guidance akhlaqul karimah students, among which teachers collaborate with morality aqeedah other teachers and teachers' morality aqidah cooperating with parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masduki, Masduki | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Aqidah Akhlaq; Akhlaqul Karimah; Teacher Aqidah Akhlaq; Akhlaqul Karimah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41830 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |