Perbedaan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur reguler dan jalur SPMB: Studi kasus pada mahasiswa P. IPS angkatan 2007

Ekawati, Ekawati (2008) Perbedaan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur reguler dan jalur SPMB: Studi kasus pada mahasiswa P. IPS angkatan 2007. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04130038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Kebiasaan belajar merupakan hasil dari cara seseorang untuk melakukan kegiatan belajar yang biasa dilakukan secara teratur dan konsisten. Kebiasaan belajar yang baik akannnmeningkatkan prestasi belajar juga. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang ada dalam individu terhadap proses belajar yang menyebabkan perubahan tingkat prestasi belajar. Mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar akan bertindak dan menggunakan kemampuan yang ada dalam dirinya untuk mendapatkan prestasi belajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan kebiasaan belajar antara mahasiswa jurusan P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB, apakah terdapat perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa jurusan P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB dan apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa jurusan P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan kebiasaan belajar antara mahasiswa jurusan P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB,untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa jurusan P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB dan untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa jurusan P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak adanya perbedaan kebiasaan belajar yang signifikan antara mahasiswa P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB Fakultas Tarbiyah UIN Malang, ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB Fakultas Tarbiyah UIN Malang dan tidak ada perbedaan prestasi belajar yang sigifikan antara mahasiswa P.IPS angkatan 2007 yang diterima melalui jalur reguler dan SPMB Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa P.IPS yang diterima melalui jalur reguler dan jalur SPMB yaitu sebanyak 88 = mahsiswa. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif dan uji-t (T-TEST) sedangkan untuk pengolahan data serta pengujian hipotesis menggunakan bantuan program komputer SPSS for windows release 14.

Hasil penelitianya dapat dilihat dari hasil uji-t bahwa: ada perbedaan kebiasaan belajar itu dapat dilihat dari hasil uji-t dengan nilai t hitung (2.760) > t-tabel (1.663) dan nilai signifikan (0.0037)< (0.05), tidak ada perbedaan motivasi belajar yaitu nilai t-hitung (0.891) < t-tabel (1.663) dan nilai signifikan (0.376)< (0.05) dan Prestasi belajar mahasiswa yaitu dapat di lihat dari hasil uji-t dengan nilai t-hitung sebesar 2.106 dan nilai signifikan sebesar 0.038. karena nilai t-hitung (2.106) > t-tabel (1.663) dan nilai signifikan (0.038)< (0.05).

Tidak adanya perbedaan motivasi belajar disebabkan karena faktor resiko yaitu kemungkinan karena ada kesalahan dalam penjabaran angket atau kesalahan metodologis yang menyebabkan data yang diteliti tidak reliabel. Peneliti menyarankan ] jika ada yang melakukan penelitian seperti ini diharapkan benar-benar memperhatikan penjabara variabel yang digunakan dalam ] penelitian dan bagi pihak kampus diharapkan dalam menerima mahasiswa baru agar benar-benar memperhatikan dijalur mana mahasiswa yang sangat bersemangat dalam meraih prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bashith, Abdul
Keywords: Kebiasaan belajar; Motivasi belajar; Prestasi belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Errisa Aprillia Rengganis
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:55
Last Modified: 09 Aug 2016 01:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item