Hidayati, Saiful (2011) Pola pengambilan keputusan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kenakalan siswa di MA Al-Maarif Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110216.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan,kenakalan pelajar merupakan sebuah fenomenayang selalu menarik untuk dibahas. Karena, pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa akan menentukan maju tidaknya suatu bangsa. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan yang terarah bagi pelajar sebagai generasi penerus bangsa, sehingga mereka dapat memenuhi harapan yang dicita-citakan. Sampai saat ini pendidikan Agama Islam masih dianggap belum mampu mengatasi berbagai pengaruh negatif yang timbul dan berpengaruh pada generasi muda sekarang ini. Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan untuk mengatasi berbagai masalah kenakalan remaja yang terjadi pada siswa, sehingga generasi muda dimasa yang akan datang lebih baik dan tidak mudah terjerumus dalam perbuatan yang merugikan dirinya sendiri.
Namun kenyataantelah menunjukkan bahwa perubahan zaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi selalu mengakibatkan perubahan sosial. Dalam menghadapi situasi yang demikian siswa sering kali memiliki jiwa yang sensitif, yang pada akhirnya tidak sedikit para siswa yang terjerumus terhadap hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai moral, norma agama, norma sosial dan norma hidup di masyarakatyang akhirnya siswa cenderung melakukan tindakan yang tidak pantas.
Oleh karena itu berdasarkan dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil sebuah rumusan yaitu: 1). Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa (remaja) di MA Al- Maarif Singosari. 2). Apa saja faktor-faktor penyebab kenakalan siswa (remaja) di MA Al- Maarif Singosari. 3). Bagaimana Pola Pengambilan Keputusan guru pendidikan agama Islam terhadap kenakalan siswa (remaja) di MA Al-Maarif Singosari. Dan tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa (remaja)di MA Al-Maarif Singosari, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab kenakalan siswa (remaja) MA Al-Maarif Singosari, dan untuk mengetahui bagaimana pola pengambilan keputusan guru pendidikan agama Islam terhadap kenakalan siswa (remaja) di MA Al-Maarif Singosari.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian deskriftif kualitatif, pendekatan ini dalam pelaksanaan penelitiannya memang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alamiah. Disamping itu dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview ,wawancara,dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi : tahap orientasi, tahap pengumpulan data lapangan dan tahap teknik pengecekan keabsahan data. Analisa data meliputi teknik analisis deskriptif kualitatif, sehingga hasil dari penelitian ini lebih banyak menghasilkan data-datayang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Dan dari penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa kenakalan yang ada di MA Al-Maarif singosari termasuk dalam kenakalan ringan yang di antaranya:Membolos atau tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan, terlambat datang di sekolah atau masuk sekolah, tidak mengerjakan PR, Pulang dan keluar pada jam efektif tanpa ada keterangan, Ngopi di warung dan tidak mengikuti pelajaran, tidak menggunakan seragam sekolah/seragam tidak sesuai dengan ketentuan sekolah, baju tidak dimasukkan, atribut tidak lengkap dan tidur dikelas.Dan faktor penyebab kenakalan siswa yaitu keluarga, sekolah dan lingkungan. Sedangkan pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam menggunakan upaya preventif,represif, kuratif dan rehabilitasi.
ABSTRACT
In the world of education, student behavior is a phenomenon that is always interesting to discuss. Because students are the future generation will determine whether or not an advanced nation. Hence the need for guidance direction for students as the nation's next generation, so that they can meet the expectations that aspired. Until now, Islamic education is still considered not yet able to overcome the negative effects that arise and influence the younger generation today. Islamic Education Teachers are very instrumental to overcome the problem of juvenile delinquency that occurs in students, so the younger generations in the future better and does not easily fit into a disservice to him.
But the reality has shown that changes in an age marked by the advancement of science and technology always lead to social change. In the face of situations such as students often have a sensitive soul, which in the end not a few students who fall into things that are contrary to moral values, religious norms, social norms and norms in society that eventually students tend to act inappropriate.
Therefore, based on the above background, researchers took a formula, namely: 1). what kind of the pattern of the student delinquency (juvenile) in the MA Al-Maarif Singosari. 2). what are the factors that lead to student delinquency (juvenile) in the MA Al-Maarif Singosari. 3). How Decision-Making Patterns of Islamic religious education teacher to student delinquency (juvenile) in the MA Al-Maarif Singosari? The purpose of research was conducted to determine how the form of student delinquency (juvenile) in the MA Al-Maarif Singosari, to find out what are the factors that lead to student delinquency (juvenile) MA Al-Maarif Singosari, and to find out how the pattern of decision-making teacher education Islam with student delinquency (juvenile) in the MA Al-Maarif Singosari.
This study, researchers did was type a descriptive qualitative research, this approach in the implementation of the research that occurs naturally, because, in normal situations that are not manipulated circumstances and conditions, emphasizing the natural description. In addition to collecting data, the authors use the method of observation, interview, interviews, and documentation. Stages of research include: orientation stage, the stage of field data collection and validity checking of data from the engineering stage. Data analysis included descriptive techniques of qualitative analysis, so the results of this study generate more data is written or oral of people and observed behavior.
Based on these results, it can be concluded that adolescents are in the MA Al-Maarif Singosari included in minor delinquency among them: truant or absent from school without explanation, late at school or go to school, no homework, Go home and get out on the effective without explanation, coffee shop and did not attend, do not use school uniforms / uniform does not fit into the school, excluding clothing, attributes are incomplete and sleep in class. And the factors that cause student delinquency are the family, school and neighborhood. While the pattern of decisions made by the Islamic religious education teachers to use preventive measures, repressive, curative and rehabilitation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengambilan Keputusan; Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan Siswa; Decision Making; Teacher of Islamic Education; the Student delinquency | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2023 09:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41828 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |