Aiza, Hilda (2011) Implementasi Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII C: Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Wajak-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110240.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam usaha meningkatkan proses pembelajaran khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau yang memerlukan bantuan dalam mempelajari suatu pelajaran Agama dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dicantumkan pada Pendidikan Agama Islam yang salah satunya mata pelajarannya adalah Bahasa Arab yang berisi tentang pemahaman tentang makna Al-Qur’an dan Hadits-Hadits pilihan yang menjadi materi dalam pelajaran di Madrasah Tsanawiyah. Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Wajak sebagai lembaga pendidikan yang tetap ingin meningkatkan kualitas keilmuan dan belajar siswa dan peran serta dari semua pihak, maka. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak kurikulum adalah meningkatkan program Remedi dan Pengayaan sebagai usaha meningkatkan prestasi belajar siswa yang telah menerapkan program remedi pada Mata pelajaran Bahasa Arab. Jadi dalam hal ini guru berperan sebagai fasilitator dalam meningkatkan proses pembelajaran dalam menghasilkan siswa yang memenuhi standar yang ditetapkan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil judul: Implementasi Remedial Teaching dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata pelajaran Bahsa Arab (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Wajak).
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang ingin diangkat yaitu bagaimana Implementasi Remedial Teaching pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTs. Al Hidayah Wajak. Faktor-faktor apa yang menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada Mata Bahasa Arab dan Usaha-usaha yang ditempuh oleh guru mata Mata pelajaran Bahasa Arab dalam mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada mata pelajan Bahasa Arab di MTs. Al hidayah Wajak.
Penelitian terhadap Implementasi Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar ini, dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan konsep Remedial Teaching di MTs Al-Hidayah Wajak. Dengan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Analisa deskriptif merupakan alat analisa untuk menggambarkan bagaimana obyek penelitian, yaitu pelaksanaan Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan langkah sebagai berikut: pertama, reduksi data yaitu pemilihan, pemusatan data “kasar” yang diperoleh dari lapangan agar data yang diperoleh valid, kedua penyajian data yaitu mengumpulkan informasi yang diperoleh dengan memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. ketiga, verifikasi yaitu penarikan kesimpulan yang merupakan analisis data puncak.
Hasil penelitian tentang Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab sudah berjalan dengan baik. Dan pada guru yang mengajar dikelas VII menerapkan Remedial Teaching. Melihat proses tersebut terus berjalan, maka secara umum pelaksanaan Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Al-Hidayah Wajakdapat dikategorikan berjalan dengan baik.
ABSTRACT
Arabic In an effort to enhance the learning process, especially for students who have learning difficulties or who need assistance in learning the lessons of Religion in Education Unit Level Curriculum imprinted on Islamic Education, one of which subjects are Arabic which contains about understanding the meaning of the choice-Hadith Quran and Hadith to the material in lessons in secondary schools. Madrasah Al-Hidayah Tsanawiyah Wajak as an institution that still want to improve the quality of scholarship and student learning and participation of all parties, then. One of the efforts undertaken by the curriculum is to enhance the improvement and enrichment programs in an effort to improve student achievement that have implemented remedial programs on subjects in Arabic. So in this case the teacher acts as facilitator in improving the learning process in produce students who meet specified standards. Therefore the authors are interested to take the title: Implementation of Remedial Teaching in Improving Student Achievement in the subjects of Arabic language support (Case Study at Madrasah Al-Hidayah Tsanawiyah Wajak).
Based on the above background, then the problem is how to be appointed on the Implementation of Remedial Teaching Arabic subjects in MTs. Al Hidayah Wajak. What factors are inhibiting the implementation of the Remedial Teaching in the eyes of Arab and efforts made by the subject teachers of Arabic subjects in overcoming factors that impede the implementation of the Remedial Teaching on the subjects of Arabic in the MTs. Al-Hidayah Wajak.
Research on the Implementation of Remedial Teaching in improving learning achievement, intended to determine the level of implementation of the concept of Remedial Teaching in MTs Al Hidayah Wajak. With the aim of this study include descriptive qualitative research. Descriptive analysis is an analytical tool to illustrate how the object of research, namely the implementation of the Remedial Teaching in improving learning achievement in the subjects of Arabic. In order for the results of the research goes well, then the process of data analysis carried out as follows: first, the selection of data reduction, data centralization "rough" obtained from the field to get valid data, the second presentation of data to collect information that is obtained by giving the possibility to conclude and take action. Third, verification of the conclusions is the peak data analysis.
Results Remedial Teaching in improving learning achievement in the subjects of Arabic are already well underway. And teachers who teach in classes VII to implement the Remedial Teaching. See the process continue running, then in general the implementation of the Remedial Teaching in improving learning achievement in MTs Al Hidayah Wajak can run properly categorized.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Remedial Teaching; Prestasi Belajar; Bahasa Arab; Remedial Teaching; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:30 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41824 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |