Hanum, Iffah Mursidah (2011) Kinerja guru lulus sertifikasi dalam kegiatan proses belajar mengajar di MTs Jawahirul Ulum Besuki Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar di sekolah akan berhasil, jika semua unsur yang terkait di dalamnya dapat bekerjasama atau menjadi tim kerja yang solid untuk mencapai tujuan sekolah. Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas profesional kinerja kepala sekolah dan guru. Untuk meningkatkan professional guru diperlukan juga sertifikasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Pada hakikatnya sertifikasi dan standar kompetensi guru adalah untuk mendapatkan guru yang baik dan professional.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti ingin mengetahui Bagaimana Kinerja Guru Lulus Sertifikasi dalam kegiatan proses belajar mengajar di MTs. Jawahirul Ulum desa Besuki kecamatan Jabon kabupaten sidoarjo. Dan untuk memberikan informasi mengenai kinerja guru lulus sertifikasi dalam proses belajar mengajar di sekolah tersebut.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan deskriptif kualitatif. Dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, sedang untuk analisanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan, selain itu untuk mendukung penelitian ini diambilkan data- data dokumentasi di Sekolah yang bersangkutan, serta pengamatan yang dilakukan langsung dilapangan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa . Kinerja guru lulus sertifikasi di MTs. Jawahirul Ulum Besuki Dalam melaksanakan proses belajar mengajar cukup baik. Cara mengajar guru pendidikan agama islam (PAI) lulus sertifikasi di MTs. Jawahirul Ulum mengalami perkembangan dan kemajuan, diantaranya dalam mengunakan metode sekarang lebih berfariasi, sehingga membuat siswa lebih faham dan antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar. Karena para guru sudah mempersiapkan terlebih dahulu rencana pengajaran, menyusun persiapan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran serta dalam memberikan materi pelajaran sudah sesuai dengan tujuan yang ada dalam kurikulum. Akan tetapi dalam proses kedisiplinan kerja para guru kurang diterapkan, serta kuarangnya sarana dan prasarana sejak adanya lumpur lapindo yang berdampak pada MTs. Jawahirul Ulum ini, juga berdampak pada kegiatan proses belajar mengajar.
ABSTRACT
The process of teaching and learning in schools will succeed, if all relevant elements in it to cooperate or become a solid team work to achieve school goals. The quality of learning is strongly influenced by the professional quality performance of principals and teachers. To enhance teachers' professional certification is also required to improve the quality of teachers in implementing the learning process. In essence, certification and standards for teacher competence is to get good professionals teachers.
Based on the description above, researchers want to know How to Pass Certification of Teacher Performance in teaching and learning activities in MTs. Jawahirul Ulum Besuki Jabon Sidoarjo. And to give information about the performance of certification graduate teacher in teaching and learning at the school.
The data was collected using qualitative descriptive. And in collecting data, the authors use the method of observation, interview and documentation, are for analysis using descriptive analysis techniques which is a qualitative study purpose to describe and analyze the fenomena, events, social activities, attitudes, beliefs, perceptions, individually people thinking or in groups. Some descriptions are used to discover the principles and explanations that lead to the conclusion, other than that to support this research data was taken at the School of the relevant documentation, as well as observations made directly in the field.
From this research we can conclude that Performance certification of teachers graduated in MTs. Ulum Jawahirul Besuki In carrying out good teaching and learning process. How to teach Islamic religious education teachers (PAI) passed the certification in MTs. Jawahirul Ulum experiencing growth and progress, including the method, more variation, making students more conscious and enthusiastic in participating in the learning process. Because the teachers have prepared lesson plan in advance, preparing lesson preparation, teaching methods and in providing the subject matter is in conformity with the objectives contained in the curriculum. However, in the process of work discipline of teachers is less applicable, and less facilities and infrastructure since the Lapindo mud affecting MTs. Jawahirul Ulum, also have an impact on teaching and learning activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Proses Belajar Mengajar; Kinerja Guru Lulus Sertifikasi; Teaching and Learning; Certification Passed Teacher Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:28 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41815 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |