Hidayah, Sundus (2011) Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan keagamaan siswa di SMAN 1 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama dalam sekolah sangat penting untuk pembinaan dan penyempurnaan pertumbuhan kepribadian anak didik, karena pendidikan agama mempunyai dua aspek terpenting. Aspek pertama dari pendidikan agama adalah yang ditujukan kepada jiwa atau pembentukan kepribadian. Anak didik diberikan kesadaran kepada adanya Tuhan lalu dibiasakan melakukan perintah-perintah Tuhan dan meninggalkan larangan Nya.
Dalam hal ini anak didik dibimbing agar terbiasa berbuat yang baik, yang sesuai dengan ajaran agama. Aspek kedua dari pendidikan agama adalah yang ditujukan kepada pikiran yaitu pengajaran agama itu sendiri. Kepercayaan kepada Tuhan tidak akan sempurna bila isi dari ajaran-ajaran Tuhan tidak diketahui betul- betul. Anak didik harus ditunjukkan apa yang disuruh, apa yang dilarang, apa yang dibolehkan, apa yang dianjurkan melakukannya dan apa yang dianjurkan meninggalkannya menurut ajaran agama. Sehubungan dengan hal diatas maka dalam skripsi ini mengkaji tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Keagamaan Siswa di SMAN 1 Kepanjen.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Apa saja upaya guru PAI dalam pembinaan keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen?, (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan keagamaan siswa di SMA Negeri
1 Kepanjen?, (3) Bagaimana hasil dari pembinaan keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pembinaan keagamaan siswa di SMA N 1 Kepanjen. (2). Untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan keagamaan di SMA Negeri 1 Kepanjen. (3). Untuk mengetahui hasil dari pembinaan keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mengamati secara langsung objek yang dijadikan penelitian dan memahami bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan keagamaan siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data tertulis lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Dari hasil penelitian penulis menemukan upaya yang dilakukan oleh guru
PAI dalam pembinaan keagamaan yaitu mengoptimalkan pembelajaran pendidikan agama Islam dan pendidikan keteladanan. Sedangkan strategi yang digunakan yaitu melalui kegiatan integrasi Imtaq dan Iptek, ekstrakurikuler,, penciptaan situasi yang kondusif, kerjasama sekolah dengan orang tua dan masyarakat.. Hasil dari pembinaan yang dilakukan oleh guru PAI sudah dirasa cukup baik. Meskipun masih ada kendala-kendala yang perlu diperhatikan.
ABSTRACT
Religious education in schools is critical to foster growth and improve students' personality, because religious education has two important aspects. The first aspect of religious education is addressed to the soul or personality formation. Students are given awareness to the existence of God then accustomed to do the commandments of God and left his ban. In this case the students are guided to get accustomed to do good thing, which according to religious teachings. The second aspect of religious education is addressed to the mind that is the teaching of religion itself. Belief in God will not be perfect when the content of the teachings of the Lord is not known completely. Students must be shown what they were told, what is forbidden, what allowable, what is recommended to do it and what is recommended to leave according to the teachings of religion. Relative to the above then the thesis examines the strategy of Islamic Religious Education Teachers (PAI) in Religious Guidance Students at SMAN 1 Kepanjen.
The formulation of the problem in this study are: (1) What are the efforts of PAI teachers in fostering religious students at SMA Negeri 1 Kepanjen?, (2) How is the strategy of religious PAI teachers in coaching students in SMA Negeri 1
Kepanjen?, (3) How do the results of religious guidance of students at SMA
Negeri 1 Kepanjen?. The purpose of this study were (1) To find out how the religious guidance of students in SMAN 1 Kepanjen. (2). To find out how the strategy of PAI teachers in the guidance of religious in SMA Negeri 1 Kepanjen. (3). To find out the results of religious development of students at SMAN 1
Kepanjen.
This study used descriptive qualitative research, namely to observe directly
the object used as a research and understand how the strategy of religious teachers in coaching students PAI. In collecting data, the authors used interviews, observation and documentation. Then analyzed using qualitative descriptive data that is written in the form of word of mouth from people and observed behavior, so in this case the author seeks to undertake research which describes the overall nature of the real situation. In addition, to support the description of the actual situation in the field, here the authors include a table as a data supplement. From the results of the study authors found the efforts made by PAI teachers in guidance is to optimize the learning of religious education of Islamic religious and educational ideals. While the strategy used is through IMTAQ and IPTEK integration activities, extracurricular activities, the creating of conducted situation, the cooperation between school, parents and society. The results of guidance is done by PAI teachers was considered good enough. Although there are still obstacles that need attention.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masduki, Masduki | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi guru PAI; Pembinaan Keagamaan; PAI teacher Strategy; Religious Guidance; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:23 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |