Mufarrochah, Dias (2011) Strategi pembinaan Aqidah-Akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Wajak Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Adapun tujuannya penelitian yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam membina akidah-akhlak siswa yang berbeda-beda karakter, untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi guru dalam membina akidah-akhlak siswa dan untuk mengetahui problem yang dihadapi guru dalam membina akidah-akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah wajak-malang.
Penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif diskriptif. Pengumpulan data, yang menggunakan metode Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, digunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif dan deduktif.
Hasil penelitian ini berbicara tentang Strategi pembinaan kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah yaitu 1. Pendidikan dengan keteladan adapun bentuk-bentuknya meliputi a) Pembinaan Aqidah dan Akhlak, b) Bapak dan Ibu guru datang kesekolah lebih pagi dari muridnya dan selalu berpakaian rapi, c) Memberi contoh membuang sampah pada tempatnya, c) Anak didik harus diajari sopan santun dalam berbicara pada semua orang 2. Membiasakan anak melakukan ajaran Islam sejak kecil adapun bentuk-bentuknya a) Melakukan shalat Dzuha, baca waqi’ah dan istighosah,b) mengadakan Pondok Romadhon dan membayar zakat fitrah di sekolah, c) Memperingati PHBI dengan Sholat Idul Adha dan mengeluarkan hewan qurban,d) Memperingati Maulid Nabi SAW, e) Amal Jariyah, f) Melaksanakan do’a sebelum masuk kelas dan berdoa ketika mau pelajar dan selesai pelajaran,d) Semua siswa selalu dilatih mengucapkan salam dan di wajibkan berjabatan tangan dengan Bapak/ Ibu guru dan teman-teman) 3. Pendidikan dengan memberi perhatian adapun bentuk-bentunya a) Guru selalu memberi kultum setelah shalat dhuha, b) Guru mengikuti lombakan bagi siswa yang IQ nya tinggi, c) Guru selalu mengontrol siswanya ketika kegiatan sekolah berlangsung, d) Mendekati siswa yang biasanya ramai sendiri ketika jam pelajaran berlangsung dan siswanya yang suka membuat masalah dalam lingkungan sekolah, 4. Pendidikan dengan memberi hukuman adapun bentuk-bentuknya a) Suka terlambat dan tidak mengikuti apel diMadrasah b) Tidak membawa peralatan sholat dzuha contohnya kopya, sajadah, mukenah, surat waqiah c) Seragam tidak lengkap d) Merokok dilingkugan sekolah, e) Membawa senjata tajam atau lainya yang dapat digunakan untuk tujuan negatif atau dianggap membahayakan orang lain, f) Minum-minuman keras dan sejenisnya yang memabukkan, atau membawa minuman keras ke Madrasah g) Keluar kelas pada pergantian jam pelajaran, h) Makan ketika jam pelajaran, i) Melompat pagar madrasah untuk tidak mengikuti PBM dan kegiatan lain dimadrasah (mborot,) j) Berbicara kotor atau kurang sopan, k) Berpacaran atau berdua-duaan dengan lawan jenis l) Membawa buku, majalah, novel, diare, bindder, gambar porno, kaset, HP kemadrasah yang tidak ada hubugannya dengan pelajran madrasah, m) Memalsu surat izin/ surat keteragan/ tanda tanggan orang tua wali murid dan dari pihak pesantren, n) Membuat suasana tidak tertib pada saat kegiatan intra maupun ekstra kulikuler di madrasah, o) Melakukan pencurian terhadap harta milik warga madrasah/lembaga, p) Melakukan perkelahian dengan anak luar/ sesama teman madrasah, q) Melakukan coret-coret tembok didinding, pintu, jendela, meja, kursi, serta sarana madrasah lainya, r) Pengedar dan pemakaian narkoba dan sejenis di Madrasah, s) Menghasut siswa lain dapat menimbulkan keresahan warga madrasah atau lembaga, t) Memakai uang SPP/ tabugan kelas untuk kepentigan sendiri, u) Memanfaatkan waktu pada saat / sebelum/ sesudah kegiatan ekstrakulikuler dengan tidak semestinya. Demikian hasil temuan penelitian yang telah dilakukan peneliti selama meneliti diMadrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Wajak-Malang.
ABSTRACT
Considering about the purpose of this research is to know the strategy of teacher in developing of different characteristic student’s personality, to know problem faced by teacher in developing student’s personality in Islamic Senior High School Al-HidayahWajak-Malang.
This research is included in descriptive-qualitative research. Amassing data is by use of observation method, interview, and documentation. Whereas the analysis is by use of descriptive-qualitative analyses technic, that is describing separated words or sentences according to the category of research data by inductive and deductive way.
The results of this research are talking about the strategies of student’s personaltity development in Islamic Senior High School Al-Hidayah, they are 1. To educate by a good example which forms are a) educating the belief and the good thing, b) the teachers are supposed to come earlier than those the students and always wear cloth orderly, c) giving example by throwing trash on its place, d) the students are to be taught decency when speaking to everyone2. To get the student used to doing islam’s education since a child, and the forms are a) praying dzhuha, reciting al-wa’qiah and istighosah, b) holding Ramadhan Boarding and give charity at school, c) celebrating PHBI by doing IdulAdha prayer and taking the sacrificial animals out, d) commemorating the birth of Muhammad SAW, e) deeds jariyah f) reciting a pray before coming into the class and praying before and after the class, d) the students are used to saying salamand ordering to shake hands with their teachers or friends) 3. An education by giving attention in which forms are a) the teacher is to deliver a speech after forenoonprayer, b) the teacher has the high IQ students join a competition, c) the teachers always control their students when in the class, d) come closer to a student fond of being noisy when studying and a student making trouble at school, 4to educate by giving punishments, for whom a) are always coming late and not following a ceremony at school, b) do not bring wherewithals for forenoon prayer such as rimless cap, prayer rug, women’s praying cloth, the Quran, al-waqi’ah, c) do not wear incomplete uniform d) smoke at school area, e) bring cold steel or something else that can be used for negative and considered dangerous thing for others, f) boozing and such it can make somebody drunk, or bringing alcoholic liquor to the school g) get out of class when the class changes, h) eat when in the class, i) vault the fence to avoid following PBM and other activities at school (mborot) , j) speak rudely and impolitely, k) have a girl/boy friend or be two with opposite sex i) bring book, novel, diary, binder, porn picture, CD, HP not used for the lesson to the school m) falsify licence letter/official statement/signature of parents or guardian from boarding civitaacademica, n) make trouble on intra or extraculicular at school, o) do robbing for wealth of civitaacademica, p) make a crossing out onthe wall, door, window, table, chair, and other school facilities, r) drugs seller and consumer or kinds of it at school s) incite other students so that this causes fidgetiness for civitaacademica, t) utilize fee (SPP)/the class saving for self interest, u) spend time on/before/after extraculicular activity not as should it be. So this is the result of my research as long as I have observed at Islamic Senior High School Al-HidayahWajak-Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembinaan; Akidah-Akhlak; The Strategy; islamic moral belife | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:13 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41804 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |