Fitriyah, Nurul (2011) Upaya kepala TPQ dalam meningkatkan mutu pendidikan Al-Qur’an di TPQ Roudhotul Muta’alimin Minggirsari Kanigoro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan lembaga Pendidikan non formal
tingkat dasar yang bertujuan memberikan bekal dasar pada anak-anak usia dini agar menjadi generasi Qur’ani, generasi yang shohih sholihah, yang mampu dan gemar membaca dan memahami serta mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.Seiring zaman yang bergulir sekarang ini banyak Taman Pendidikan Al-Qur’an yang cara mengajarkannya sekadarnya saja yang penting anak bisa membaca Al-Qur’an, akan tetapi tidak menghiraukan metode apa yang dipergunakan dalam pembelajarannya serta tidak memiliki standar kompetensi kelulusan dan silabus pembelajaran, fenomenanya sekarang banyak para santri yang tiba-tiba keluar dari Taman Pendidikan Al-Qur’an karena bosen, tidak semangat dalam belajar Al-Qur’an.
Tujuan dilakupenelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana mutu lulusan Taman Pendidikan Al-Qur’an Roudhotul Muta’alimin Minggirsari Kanigoro Blitar, Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan Taman Pendidikan Al- Qur’an Roudhotul Muta’alimin Minggirsari Kanigoro Blitar, serta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat mutu lulusan Taman Pendidikan Al-Qur’an Roudhotul Muta’alimin Minggirsari Kanigoro Blitar.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakanmetode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan tehnik deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupayamengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara mengeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya dilapangan, disini penulis sertakan lampiran-lampiran sebagai pelengkap data.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasannya mutu Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah apabila suatu lembagaTPQ yang bersangkutan mampu untuk mengeluarkan para santrinya untuk mengikuti TAS (Tashih Akhir Santri) yang menjadi tolok ukur keberhasilan pembelajaran santri. Mutu lulusan TPQ Roudhotul Muta’alimin Minggirsari Kanigoro Blitar sudah memenuhi standar kelulusan TPQ pada umumnya. Meski ada beberapa yang dilakukan dalam prosess belajar mengajar akan tetapi tidak dimasukkan menjadi standar kompetensi. Upaya dalam meningkatkan mutu lulusan hampir semuanya memenuhi upaya yang dilakukan pada TPQ yang lainnya meski masih ada beberapa yang tidak dipergunakan. Faktor pendukung mutu lulusan sudah sesuai dengan faktor pendukung pembelajaran, sedangkan faktor penghambat mutu lulusan TPQ diantaranya faktor eksternal adalah les sekolah pagi dan administrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala TPQ; Mutu Pendidikan; dan Al- Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:14 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41799 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |