Idris, Muhammad (2011) Penerapan metode demonstrasi dan tanya jawab dalam pembelajaran Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Gondang Legi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
07110234.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran Fikih dan banyak sekali variasi yang bisa diterapkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran Fikih. dengan penggunaan metode Demonstrasi dan tanya jawab dalam pembelajaran Fikih diharapkan dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa. Karena metode Demonstrasi dan tanya jawab ini merupakan metode yang tidak hanya komunikasi satu arah akan tetapi bisa dua ataupun tiga arah dan memperaktekkan sebuah terjadinya suatu proses. Di samping itu, metode ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir dan siswa tidak hanya menjadi pendengar saja akan tetapi mereka ikut aktif di dalamnya. Dan mengigat betapa pentingnya penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mencapai tujuan pembelajaran maka penulis tertarik untuk membahas tentang “Penerapan Metode Demonstrasi dan Tanya Jawab dalam Pembelajaran Fikih Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang”.
Adanya realita dan permasalahan di atas, maka peneliti merumuskan masalah penelitian adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi dan Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Fikih di kelas XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapn metode demonstrasi dan tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang.
Dengan menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif dan desain Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Classroom Action Research). penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis, mengenai masalah-masalah yang ada di obyek penilitian. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode demonstrasi dan Tanya jawab di kelas XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang sudah berjalan dengan baik. Dalam hal ini dapat dilihat dari segi metode yang digunakan dalam pembelajaran Fikih, dari segi proses kegiatan pembelajaran Fikih, keaktifan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan Tanya jawab. Dengan metode tersebut motivasi belajar siswa dapat meningkat karena setiap Individu maupun kelompok memiliki tanggungjawab tentang apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak menakutkan.
ABSTRACT
The method is a necessary element in the achievement of the objectives of learning and jurisprudence thousands of variants that can be applied to teachers to achieve the objectives of learning Fikih. with the use of methods of demonstration and Asked questions in the Fikih of the learning is expected to improve the motivation of the students learning. Because the method of demonstration and Asked questions is a method that communication not only of ida but it could be two or three directions, and practiced an occurrence of a process. In addition, this method is intended to improve the motivation of the students and the ability to think and students not only be such only oidores, but that they are actively involved in it. And given the importance of the use of methods in the teaching and learning activities, in particular, to achieve the objectives of learning, the authors are interested in discussing on the "implementation and methods of Fikih learning demonstration questions to improve the motivation of the student in the class XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang”.
The existence of the reality and the previous problems, researcher raises the question of research is how the application of the methods of demonstration and Asked questions in the increase of the motivation of the student to study jurisprudence at the class XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang. The study aims to determine the expressions and the question and the method of response in the increase of the motivation of students in classes XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang.
Using a descriptive approach to design, qualitative research, and the action of class (classroom action research). This study attempts to obtain an objective, accurate and systematic, made on the issues that exist in the object of research. To collect the data used various methods, observation, interviews and documentation. Then, the collected data were analysed in three ways, namely, the reduction of data, presentation of data, and the conclusion or the verification.
The results showed that the implementation of demonstration and the method of questions and answers in class XI IPA 1 MAN Gondang Legi Malang is going well. In this case it can be seen in terms of learning methods used in the Fikih, in terms of Fikih of learning activities, teachers and students process activity in the teaching and learning activities and student learning outcomes. The method used is a manifestation and questions and answers. With these methods, you can increase the motivation of the student for each individual or group has the responsibility for what they learn through a fun and frightening not.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Demonstrasi; Tanya Jawab; Motivasi; Demonstration; Asked questions; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 15:42 | ||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 15:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41792 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |